Warga Buana Permai Dukung Program PMI Kota Tangerang

    FOTO: Sejumlah warga Buana Permai saat berpartisipasi mendonorkan darah

    TANGERANG – Dalam upaya meningkatkan stok kantong darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang ajak masyarakat berpartisipasi mendonorkan darah.

    Warga di perumahan Buana Permai RW 13 Cipondoh, Kota Tangerang menjadi salah satu percontohan sebagai masyarakat yang aktif turut serta dalam program PMI Kota Tangerang.

    Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengatakan, melalui program yang dimiliki PMI Kota Tangerang yaitu donor bareng keluarga (dobrak), mengajak warga untuk mau mendonorkan darah dalam menjaga stok kantong darah.

    “Selain itu kami juga mensosialisasikan manfaat donor plasma konvalesen kepada warga secara langsung yang akan digunakan untuk terapi pasien Covid-19,” kata Ade, Minggu (10/1/2021).

    Dalam program dobrak yang kali ini terlaksana di perumahan Buana Permai RW 13 disediakan empat bed dan lima petugas PMI agar berjalan maksimal. Dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara protokol kesehatan, mulai dari pengecekan suhu tubuh, ketersediaan cuci tangan dan menjaga jarak.

    Kordinator pelaksana kegiatan dari Buana Permai Sofia Setyorini menjelaskan, dengan adanya kegiatan bersama PMI Kota Tangerang, pihaknya mengajak kesadaran warga dalam mendonorkan darah bisa terus ditingkatkan.

    “Sekarang dalam mendonorkan darah juga tidak sulit karena petugas PMI bersedia menjemput pendonor langsung,” katanya.

    Selain itu, lanjut ia, warga yang penyintas Covid-19 juga semakin peduli sehingga bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen. “Sudah ada tiga orang penyintas di lingkungan kami yang bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen,” terangnya.

    Kepala kampung siaga Covid-19 Buana Permai, Handoko menambahkan, melalui kegiatan bersama selain ikut berpartisipasi dalam menjaga stok kantong darah PMI juga menjadi pintu informasi soal plasma konvalesen.

    “Rencananya kegiatan ini juga akan kami laksanakan di minggu depan, jadi ada dua kali,” pungkasnya. (Hmi)