Z Chicken Baznas Kota Tangerang Dorong Mustahik Jadi Muzakki

    Ilustrasi Z Chicken (ist)


    TANGERANG – Melalui program bantuan modal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang dorong mustahik/penerima zakat menjadi muzakki/pemberi zakat.

    Salah satu pendamping dari Baznas RI di Kota Tangerang, Dimas Agung menerangkan, program bantuan modal dengan jenis usaha Z Chicken merupakan program prioritas Baznas RI. Saat ini pihaknya baru menargetkan sebanyak 40 calon penerima manfaat di Kota Tangerang.

    “Alhamdulillah kuotanya sudah full. Sesuai target kami yaitu 40 mustahik,” kata Dimas saat dikonfirmasi Beritatangerang.id, Selasa (1/11/2022).

    Menurut Dimas, program bantuan modal ini merupakan upaya Baznas dalam memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 dan kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Baznas juga berupaya menekan angka kemiskinan melalui program tersebut.

    “Sasaran kami warga kurang mampu atau keluarga stunting. Tujuannya agar para penerima manfaat dapat meningkatkan ekonomi,” terangnya.

    Adapun kriteria mustahik, lanjut Dimas yakni calon penerima manfaat yang pastinya harus masuk 8 Asnaf Baznas Kota Tangerang seperti miskin atau fakir miskin.

    “Semoga dengan adanya program ini di Kota Tangerang dapat merubah perekonomian para penerima manfaat, juga mungkin bisa merubah kehidupan mustahik yang tadinya mustahik bisa menjadi muzaki,” ucapnya.

    Dalam waktu dekat, pihaknya bakal memberi pelatihan kepada 40 pelaku usaha yang sudah terverifikasi oleh Baznas Kota Tangerang.

    “Sebenarnya yang 40 Z Chicken ini sudah berjalan. Nanti akan ada bimtek buat mereka, tanggal 10 November,” tandasnya.

    Salah seorang mustahik yang kini menggeluti usaha Z-Chicken Arifudin mengaku sangat terbantu dengan program bantuan usaha yang diinisiasi oleh Baznas. Kata Arif, usaha yang digelutinya saat ini sudah membuahkan hasil yang positif.

    “Sangat terbantu. Dan alhamdulillah sudah mulai banyak pembeli,” katanya. (Hmi)