Bank bjb Dorong Inklusi Keuangan

    Penyaluran KUR bank bjb kepada mitra CBS, pada acara seminar Hari Santri Nasional 2021, di Pondok Pesantren As-Shofa, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

    KABUPATEN TANGERANG – bank bjb memiliki komitmen untuk meningkatkan inklusi keuangan di berbagai wilayah, terutama di Jawa Barat dan Banten. Inklusi keuangan diwujudkan dengan mempermudah akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal yang berkualitas.

    Salah satu bentuk peningkatan inklusi keuangan di desa adalah dengan menerapkan inovasi dan kolaborasi bank bjb di pondok-pondok pesantren.

    bank bjb berperan menjadi sumber pendanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk memajukan usaha masyarakat desa dengan akses yang mudah dan cepat.

    KUR disalurkan melalui program CBS (Community Based Santri preneurship). Dimana bank bjb hadir sebagai sumber pembiayaan KUR bagi pondok pesantren dan atau warung mitra dari CBS tersebut.

    Penyaluran dilakukan secara simbolis pada momen Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Pondok Pesantren As-Shofa, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/12).

    Dalam kegiatan tersebut, bank bjb memberikan simbolis penyaluran KUR kepada Pondok Pesantren Khaerul Huda sebagai mitra dari CBS, serta melaksanakan sosialisasi produk holding bank bjb kepada peserta (mitra CBS).

    Selain itu, bjb juga ikut serta dalam rangkaian kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh Kementerian Perekonomian RI.

    “Inklusi keuangan adalah hal yang penting dalam upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi warga. Lewat kerja sama yang telah dijalin, Diharapkan para santri mampu mengelola serta mengembangkan ekosistem bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di lingkungan pesantren dengan lebih leluasa,” ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto.

    Kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden No 114/2020, Kemenko Perekonomian Cq. Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) bekerjasama dengan Santri Milenial Centre (SiMaC) untuk melaksanakan kegiatan seminar nasional edukasi dan literasi keuangan sebagai rangkaian Hari Santri Nasional 2021.

    Dilain tempat dalam sambutan secara virtual dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin MA dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Sementara dari pihak bank bjb diwakili oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi dan jajaran bank bjb. (rls/tam)