HUT-Kota-Tangerang-PKB.jpg

    BPBD Kota Tangerang Kerahkan Tim Gabungan Tanggulangi Penyebaran Covid-19

    Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, sedang melakukan penyemprotan disinfektan guna menghambat penyebaran Covid-19, Sabtu (21/3).

    TANGERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, mengerahkan tim gabungan dalam menghadapi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

    Setiap harinya, puluhan armada beserta ratusan personel diterjunkan untuk melaksanakan penyemproten cairan disinfektan ke sejumlah akses jalan, gedung atau area publik hingga rumah ibadah.

    “Pemkot Tangerang melaksanakan tugas guna mencegahan penyebaran Covid-19. Kami minta masyarakat untuk tetap melakukan sosial distancing. Yaitu dengan tetap tinggal di rumah,” kata Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Sabtu (21/3).

    Ia berharap, upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona dapat berjalan lancar sesuai harapan. “Kami meminta masyarakat agar jangan panik, tapi juga jangan menganggap remeh Covid-19,” ungkap Arief.

    Dikatakan, Pemkot Tangerang melalui BPBD dan instansi lainnya tengah berjuang meminimalisir Corona. Termasuk petugas kesehatan yang bertugas standby 24 jam di rumah sakit. “Semua ini kami lakukan demi menjaga masyarakat Kota Tangerang,” tuturnya.

    Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman menerangkan, BPBD Kota Tangerang menerjunkan sedikitnya 33 unit kendaraan gabungan.

    Walikota Tangerang Arief R Wismansyah (kanan), bersama Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman, pada rapat bersama membahas penanganan Covid-19 beberapa waktu lalu. (Ist)

    Kendaraan penyemprot disinfektan tersebut didatangkan dari BPBD, Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Dinas Kebudayaan dan Pertamanan (Disbudpar).

    “Kami juga melibatkan tim gabungan yang totalnya mencapai 150 personel,” ungkap pejabat yang juga merangkap sebagai Kepala BPBD Kota Tangerang ini.

    Herman menambahkan, pelaksanaan penyemprotan disinfektan efektif dilakukan mulai, Jumat (20/3). Kemudian akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan.

    “Sesuai arahan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, setiap hari kami diminta untuk bergerak ke tengah masyarakat. Tujuannya melakukan penyemprotan disinfektan sesuai jadwal yang telah kami buat,” terang Herman.

    Sedangkan Kepala Pelaksana (kalak) BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra menerangkan, bila penyemprotan yang dilakukan merupakan stimulus dalam upaya memberi contoh kepada masyarakat.

    “Kami telah memberikan pelatihan yang diikuti oleh dua orang peserta utusan dari setiap kecamatan. Nantinya utusan tersebut secara estafet mengedukasi dua orang utusan di setiap kelurahan,” jelas Irman.

    Kemudian utusan kelurahan itu kembali menularkan ilmunya ke masing-masing RW di lingkungannya. Selanjutnya dari utusan RW, pengetahuan tersebut disebarkan kembali hingga ke tingkat RT.

    “Jadi ke depan kami harap masyarakat secara mandiri bisa melakukan tindakan preventif di lingkungannya masing-masing. Sehingga warga mampu memproteksi dirinya sendiri dan menjaga lingkungan bersama warga lainnya,” tandas Irman. (Ads)