IMG-20190717-WA0003

    BPJSTK Edukasi Sistem Antrean Online

    Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Cabang Cikokol melakukan Sosialisasi dan Edukasi sistem antrean online bagi para peserta yang dibuka mulai bulan Juli 2018 untuk kemudahan dan kenyamanan peserta, Rabu (31/7) siang.

    Hal ini dikatakan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cikokol, Hasan Fahmi. Menurutnya, Sosialisasi dan Edukasi sistem antrean online ini, diperuntukan bagi peserta yang mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT). “Jadi, proses antrean klaim ini, tak perlu menunggu lama,” ungkapnya.

    Sistem antrean online ini menurut Fahmi, dapat meningkatkan kenyamanan peserta. Agar tidak perlu lagi datang pagi-pagi guna mengambil nomor antrian. “Tentunya, peserta dapat mengatur hari, tanggal, jam kedatangan dan kantor cabang mana yang mereka inginkan untuk melakukan klaim,” terangnya.

    Adapun cara untuk melakukan booking antrian online, jelas Fahmi, peserta bisa registrasi dengan mengakses link antrian online atau direct url ke antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kemudian peserta akan diminta untuk mengisi form NIK KTP, Nomor Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Nama sesuai dengan KTP, Nomor Handphone, Kantor Wilayah dan Kantor Cabang Pelayanan, Tanggal Kedatangan dan Jam Kedatangan lalu klik simpan.

    “Selanjutnya peserta akan mendapatkan dokumen booking yang akan di verifikasi di kantor cabang kedatangan. Hal ini, untuk dicetak ulang dengan menginput code booking atau dengan menscan QR code antrian online,” papar Fahmi.

    Hal yang perlu diperhatikan peserta yakni ketika mencetak ulang nomor antrian di Kantor Cabang. Tentunya, tak ada perbedaan data berkas pengajuan yang dibawa dengan data pengajuan serta yang utama. Yaitu jam kedatangan peserta minimal 30 menit sebelum jadwal yang telah dipilih. Apabila data sesuai maka sistem akan menampilkan antrian online peserta.

    Fahmi berharap, dengan adanya inovasi sistem antrian online ini, semoga proses antrean klaim yang ada menjadi fleksibel, nyaman, lebih mudah dan tidak ribet.

    “Fitur terbaru ini, agar dapat beroperasi secara lancar. Sebab menurut kami sangat efektif dalam membantu sekali peserta dalam proses pencairan dana JHT. Sehingga pelayanan prima yang kami desain sedemikian rupa dapat terwujud dan berjalan dengan baik,” tandasnya. (rls/tam)