Disbudpar Bangun Taman Tematik Berkonsep Agrowisata dan Ketahanan Pangan

    Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah (kiri), bersama wakilnya H Sachrudin (kanan), pada acara peresmian Ecofarm Kampung Baru.

    TANGERANG  – Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya mewujudkan kota layak huni yang mampu mensejahterakan masyarakatnya. Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), konsep tersebut dituangkan dalam Kampung Tematik Ecofarm Kampung Baru.

    Kampung Tematik berkonsep agrowisata dan ketahanan pangan ini resmi dilaunching Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah, Jumat (19/2). Terletak di wilayah Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci.  

    Penataan kawasan ini diintegrasikan antara taman hias, tanaman produktif serta perternakan dan pesawahan.

    “Kami ucapkan terima kasih kepada Disbudpar beserta seluruh jajaran, yang telah membangun lahan yang awalnya tidak terpakai menjadi taman yang indah dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Arief, saat meresmikan Ecofarm Kampung Baru.

    Menurutnya, Ecofarm merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat dalam hal ketahanan pangan.

    “Tidak hanya taman hias yang ditampilkan di taman ini, tapi juga ada jagung, kangkung, kacang dan lain sebagainya,” ungkap Arief, didampingi Wakil Walikota Tangerang H Sachrudin dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman.

    Ia berharap supaya masyarakat khususnya warga di sekitar Ecofarm Kampung Baru, agar dapat menjaga, merawat serta mengelola apa yang telah difasilitasi Pemkot Tangerang. Supaya ke depan bisa terus bermanfaat dan berkembang.

    Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah (kiri), saat memberi sambutan pada acara peresmian Ecofarm Kampung Baru, Jumat (19/2).

    “Kami berharap Kelompok Wanita Tani (KWT) yang dikembangkan teman – teman Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bisa terus mengembangkan diri. Sehingga nantinya tempat ini dapat menjadi destinasi wisata edukasi,” tutur Arief.

    “Jadi sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Belanda sekedar melihat kincir angin. Di Ecofarm Kampung Baru juga ada, keren jasa,” imbuhnya.

    Sementara itu Kepala Disbudpar Kota Tangerang, H Ubaidillah Ansar menerangkan, Ecofarm Kampung Baru berdiri di atas lahan seluas 8.377 meter persegi.

    Di dalamnya terdapat kebun bunga, kebun semai, kebun sayur, sawah mini, peternakan ayam serta landmark berupa kincir angin Amsterdam.

    “Kawasan ini merupakan unsur ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Kedepannya, bisa didorong menjadi wisata edukasi yang berada di Kota Tangerang dalam bidang agrowisata,” terang pria yang akrab disapa Bang Ubed ini.

    Untuk diketahui, selain meresmikan Ecofarm Kampung Baru, Disbudpar juga melaunching Program Asuransi Pohon Tumbang.

    Program santunan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkot Tangerang, kepada masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam pohon tumbang. Asuransi ini hasil kerja sama dengan PT Asuransi Umum Bumiputera Muda (BUMIDA). (adv)