Disdukcapil Kota Tangerang Buka Layanan KTP-el Sehari Jadi

    Aktivitas pelayanan KTP-el Disdukcapil Kota Tangerang, di Lantai II Food Carnival, Tangcity Mall.

    TANGERANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang membuka layanan e-KTP sehari jadi. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap Rabu, di lantai II Food Carnival, Tangcity Mall, Tangerang.

    Meski di tengah pandemi COVID-19, layanan ini dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Petugas mewajibkan pemohon untuk mengenakan masker dan mencuci tangan dengan cairan anti virus.

    Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Rina Hernaningsih menerangkan, layanan di Tangcity Mall ini hanya melayani KTP-el saja. “Layanan yang kami laksanakan di pusat perbelanjaan ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan dan memberi kemudahan kepada masyarakat,” ujar Rina, Rbu (7/4).

    Para petugas Disdukcapil Kota Tangerang, sedang melayani warga pemohon pembuatan KTP-el.

    Ia menambahkan, pemohon bisa melakukan pendaftaran secara online atau datang langsung ke pusat perbelanjaan Tangcity Mall lantai II untuk melakukan registrasi.  

    “Warga cukup membawa Kartu Keluarga (KK), ijazah atau akta kelahiran untuk verifikasi nama jelas. Layanan ini tidak dipungut biaya alias gratis,” tutur Rina.

    Menurutnya, dalam satu hari sedikitnya 50 pemohon mendatangi layanan KTP-el sehari jadi Disdukcapil Kota Tangerang di Tangcity Mall. Namun pendaftaran dibatasi hingga pukul 12.00 WIB.

    “Setelah antre untuk melakukan perekaman, KTP-el bisa langsung dicetak. Paling tidak membutuhkan waktu antara 15 – 120 menit untuk bisa melakukan pencetakan. Tergantung status approve dan print ready record dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” jelas Rina.

    Ia berharap, warga Kota Tangerang bisa menikmati kemudahan layanan Disdukcapil Kota Tangerang di Tangcity Mall ini. “Pemohon tidak perlu lagi membawa surat pengantar dari RT/RW setempat. Cukup foto copy KK, ijazah atau akta kelahiran,” tukas Rina. (adv)