Implementasi Inpres Nomor 2, Kanwil Banten Siap Perangi Narkoba

    FOTO: Simbolis pemusnahan narkotika hasil rajia seusai deklarasi gerakan anti narkoba (dok.hms)

    TANGERANG – Menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN), Kantor Wilayah Kemenkumham Banten menggelar Apel Deklarasi dan Komitmen Bersama Gerakan Anti Narkoba.

    Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang ditunjuk menjadi tempat terselenggaranya apel deklarasi dan komitmen bersama gerakan anti narkoba dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

    Bertempat di halaman utama Lapas Kelas I Tangerang, Peserta Apel Deklarasi Komitmen P4GN dihadiri oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) beserta jajarannya.

    Kepala Kanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya, Perwakilan Kapolda Banten, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, dan para pimpinan tinggi Kanwil Kemenkum HAM Banten beserta seluruh Kepala UPT lapas/rutan LPKA, Imigrasi, Bapas, dan juga Rupbasan se-Provinsi Banten, pada Jumat (3/7/2020).

    Mengawali kegiatan, Kepala BNNP Banten memberikan pembekalan kepada para peserta apel. Menurutnya, peringatan hari Anti Narkotika Internasional dilaksanakan tiap tahun di berbagai Negara.

    Kemudian menurut Kepala BNNP Banten Brigjen Pol Tantan Sulistiyana, kegiatan ini mengingatkan semua akan bahaya narkoba dan juga membulatkan satu tekad dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

    “Di tengah pandemi ini kita harus tetap produktif. Karena kita sudah memasuki era new normal. Oleh karena itu kita harus memiliki sumber daya yang unggul,” ujarnya.

    Sementara sebelumnya, sebagai Pembina Apel Deklarasi Anti Narkoba Dirjenpas Irjen Pol. Reynhard Silitonga mengungkapkan, dengan adanya apel deklarasi tentunya ini adalah upaya Kemenkumham Banten untuk menunjukan komitmen bersama anti narkoba.

    “Maksud dan tujuan kegiatan ini tidak lain untuk menguatkan Komitmen Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Banten untuk melaksanakan P4GN,” jelasnya.

    Kata dia, pentingnya pemberdayaan instansi pemerintah terkait dalam program P4GN adalah dalam rangka upaya memobilisasi seluruh sumber daya yang ada untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam rangka penanganan narkoba yang meliputi aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan. (Ris/Hmi)