Kapolres: Persiapan Kabur Napi Asal Tiongkok Diduga Selama 6 Bulan

    FOTO: Penampakan gorong-gorong tempat napi asal tiongkok meloloskan diri

    TANGERANG – Selama enam bulan narapidana asal Republik Rakyat Cina (RRC) atau tiongkok, Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53) dikabarkan sudah melakukan persiapan untuk melarikan diri dari Lapas Klas 1 Tangerang.

    Cai Changpan merupakan gembong Narkoba yang mendekam di Lapas Klas I Tangerang dengan hukuman pidana mati. Hal itu diungkapkan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Haryanto, Senin (21/9/2020).

    Sugeng menerangkan, Cai Ji Fan napi yang divonis hukuman mati pada 2017 lalu itu sempat mengajak teman sekamarnya. Namun, teman sekamarnya enggan melarikan diri dari Lapas Klas 1 Tangerang.

    Berdasarkan informasi yang didapat, lanjut Sugeng, kegiatan napi yang kabur ini sudah berjalan enam bulan. “Info dari teman (napi lainnya-red) sekamar kegiatan napi yang kabur ini sudah berjalan enam bulan,” ujarnya.

    Ia berencana mengkroscek penyelidikan soal kegiatan-kegiatan di dalam lapas beberapa bulan lalu. Kata dia, memang di dalam enam hingga delapan bulan lalu ada kegiatan pembangunan dapur.

    “Kita coba kroscek apakah alat yang digunakan untuk kabur seperti pahat, linggis, dan obeng diperoleh dari para tukang itu,” tukasnya.

    Sugeng juga meminta pihak lapas memberikan data siapa saja yang bekerja membangun dapur di Lapas Kelas 1 Tangerang beberapa bulan lalu.

    “Saya akan minta data siapa saja yang bekerja membangun dapur itu,” tandasnya.

    Terpisah, Kabag humas dan Protokol Dirjen Pas Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan, pencarian masih terus dilakukan baik oleh Lapas Kelas 1 Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota dan polda Metro Jaya.

    “Sementara tim investigasi masih melakukan pemeriksaan terhadap petugas maupun warga binaan yang terkait. Warga binaan terkait yakni yang terhubung dalam kondisi tersebut seperti napi satu kamar, penghuni kanan kiri dan napi yang sering kontak langsung dengan yang bersangkutan,” paparnya. (Hmi)