Kerumunan di TangCity Mal Disoal

    FOTO: Nampak pengunjung membludak di kawasan TangCity Mal

    TANGERANG – Pemerhati Kebijakan Publik Kota Tangerang, Ade Yunus menyoal dugaan pelanggaran protokol kesehatan berupa kerumunan yang terjadi di salah satu pusat perbelanjaan Kota Tangerang yakni TangCity Mal.

    Pria penggiat lingkungan ini juga mengaku sempat menyaksikan kerumunan tersebut secara langsung di kawasan TangCity Mal Kota Tangerang. Menanggapi pelanggaran prokes itu kata Ade, merupakan wujud adanya dugaan ketidaksiapan pengelola dalam mengantisipasi lonjakan pengunjung.

    “Saya melihat ada beberapa kelonggaran dan ketidaksiapan pengelola dalam mengantisipasi lonjakan pengunjung. Pertama, kurangnya personil keamanan mal di pintu keluar masuk serta eskalator dan lift. Kedua, pengelola tidak mengatur arus keluar masuk pengunjung,” terang Ade, Senin (3/5/2021).

    Ketiga, lanjut Ade, tidak adanya papan informasi update jumlah pengunjung, agar dapat diketahui berapa persen kapasitas pengunjung. Kemudian keempat, fasilitas protokol kesehatan seperti hand sanitizer terbatas.

    “Kelima, tidak mengatur tenant di lokasi akses jalur sempit. Terakhir, tidak adanya imbauan dari satgas Covid-19. Pengelola mal yang wawaran atau mengingatkan protokol kesehatan dan agar tidak berkerumun,” tukasnya.

    Agar kejadian kerumunan tidak terulang kembali, pihaknya berencana akan melaporkan tiga kasus serupa dugaan pelanggaran prokes berupa kerumunan, yakni Tangcity Mall, Ramayana Cimone dan Pasar Malam Puribeta 2 Larangan, kepada Satgas Covid-19 Kota Tangerang.

    “Harusnya hari ini (senin-red) Cuma tadi kesorean, insyallah besok kami sampaikan laporan secara resminya kepada Satgas Covid-19 Kota Tangerang,” tandasnya. (Hmi)