KONI Banten: Kota Tangerang Dipastikan Juara Umum Porprov VI Banten

    Panitia besar Porprov VI Banten saat jumpa pers di Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang

    TANGERANG – Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten telah berakhir. Kota Tangerang sebagai tuan rumah dinilai sukses menggelar pesta olahraga bergengsi yang diikuti atlet-atlet berbakat dari 8 kota/kabupaten se-Provinsi Banten.

    Kesuksesan penyelenggaraan itu pun menuai apresiasi dari jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Banten. Sebanyak 47 cabang olahraga (Cabor) telah dipertandingkan di Porprov VI Banten sejak pembukaan pada 20 November 2022.

    Sekretaris Umum (Sekum) KONI Provinsi Banten, Koswara Poerwasasmita mewakili Ketua KONI Banten Edi Ariadi mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang sukses menyelenggarakan Porprov VI Banten dengan aman dan kondusif.

    “Intinya menurut ketua KONI Banten dan hasil evaluasi ini pelaksanaan baik pertandingan, porprov berjalan lancar dan aman,” ujar Koswara dalam konferensi pers Pengurus Besar Porprov VI Banten di Media Center Porprov VI Banten, Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Senin (28/11/2022).

    Melihat hasil sementara hingga hari terakhir pertandingan, lanjut Koswara, dipastikan tuan rumah Kota Tangerang menjadi juara umum Porprov VI Banten.

    “Tentunya sesuai hasil yang diharapkan tuan rumah dipastikan juara umum,” katanya pada acara yang turut dihadiri Ketua PB Porprov VI Banten Sachrudin, Anggota Bidang Pertandingan Porprov VI Banten Arsani Maidi, dan Ketua KONI Kota Tangerang Hadi Rusman serta Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang.

    Diakui Koswara, memang pelaksanaan porprov ini masih ditemukan beberapa kendala, namun semua dapat terselesaikan. Adapun kendalanya antara lain seperti update perolehan medali yang mengalami kendala.

    “Kita sampaikan bahwa untuk mengumpulkan data tidak secara otomatis, tetapi berdasarkan laporan resmi dari Technical Delegate (TD), lalu di-update,” terangnya.

    Koswara menambahkan, Porprov VI Banten bukan hanya paling bergengsi dan paling berhasil dalam penyelenggaraan maupun paling banyak pertandingan cabor.

    “Masalah hanya sedikit. Terbukti hanya satu persoalan yang masuk ke dewan hakim. Jadi kita sudah memutuskan hanya ada satu perkara,” tegasnya.

    “Selamat buat penyelenggara dengan telah sukses besar dalam penyelenggaraan dan prestasi. Sudah dipastikan tuan rumah juara umum,” imbuhnya.

    Sementara Ketua PB Porprov VI Banten Sachrudin mengaku bersyukur karena sejauh ini pelaksanaan porprov berjalan dengan lancar.

    “Kalau pun masih ada kekurangan, kami terus melakukan perbaikan, baik dari sarana prasarana maupun tata kelola,” katanya.

    Sachrudin menjelaskan, Porprov VI Banten mempertandingkan sebanyak 47 cabor dengan 788 nomor pertandingan.

    “788 emas, perak, dan 1.046 perunggu yang dilaksanakan di 42 venue di 9 kecamatan,” pungkasnya. (Hmi)