Mengenal Lebih Dekat Sosok Komjen Pol Prof Dr Petrus R Golose

Komjen Pol Prof Dr Petrus R Golose

JAKARTA – Komjen Pol Prof Dr Petrus Reinhard Golose, banyak dikenal masyarakat dengan sapaan Petrus Golose. Namanya mulai ramai diperbincangkan di media massa dan khalayak sejak keberhasilannya melumpuhkan gembong teroris Dokter Azhari pada tahun 2005 silam.

Pria kelahiran 27 November 1965 kini menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) sejak 2020 silam. Sebelumnya,    Petrus Golose menjabat Kapolda Bali selama empat tahun. Selain aktif sebagai perwira polisi, putra dari pasangan suami istri Jonathan Golose dan Deetje A. Pangemanan ini juga mengabdikan diri di dunia pendidikan. Ia akan dikukuhkan sebagai guru besar tetap bidang Ilmu Kepolisian pada, Senin (24/07), Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta.

Petrus Golose mengawali karirnya di dunia kepolisian dengan menjabat sebagai Kapolsek Lodoyo, Polres Blitar Jawa Timur usai lulus dari AKABRI 1988. Ia sempat ditempatkan sebagai Komandan Pleton Taruna Akademi Kepolisian sebelum akhirnya pada tahun 1993 mulai bertugas di Polda Metro Jaya. 

Pada 1998, Petrus Golose ditugaskan sebagai Kepala Unit Reserse Mobil di Korps Reserse Polri. Di tahun yang sama itu pula, suami dari Barbara Mathilda Van Der Linden, berhasil menyelesaikan studinya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) yang saat ini berganti nama menjadi STIK.

Ketertarikannya pada dunia pendidikan kemudian membawa perwira polisi asal Manado ini tidak hanya mengikuti Sespim dalam pengembagan karirnya di kepolisian, tetapi juga menyelesaikan pendidikan akademiknya hingga jenjang doktoral. Ia pun resmi menyandang gelar doktor dari Universitas Indonesia pada tahun 2008. 

Kesuksesan Komjen Pol Prof Dr Petrus R Golose dalam dunia akademis sejalan dengan kesuksesan dalam karir kepolisiannya. Pada 2010, dirinya diangkat menjadi Direktur Penindakan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Setelah lima tahun menjabat, sang jenderal kemudian menempati posisi Deputi Kerjasama Internasional BNPT hingga akhirnya pada 2016 ia dipercaya sebagai Kapolda Bali.

Saat menjabat sebagai Kapolda Bali di tahun 2019, pria yang memiliki hobi menembak, menyelam, dan tenis meja tersebut dianugerahi gelar doktor honoris causa oleh Universitas Udayana. Gelar kehormatan tersebut diberikan kepada Petrus Golose atas terobosan-terobosan yang telah dilakukannya di wilayah Bali. Dilansir dari website resmi Universitas Udayana (Unud), Sang Rektor menyampaikan bahwa Petrus Golose dinilai mampu mengubah paradigma masyarakat menjadi positif terhadap kepolisian, khusus di Provinsi Bali.

Karir Petrus Golose semakin bersinar saat dirinya diberikan mandat oleh Presiden RI Jokowi, untuk menduduki jabatan sebagai Kepala BNN RI dan dilantik Kapolri menjadi jenderal bintang tiga. Sang jenderal yang sangat berdedikasi tinggi tersebut diketahui selain menempuh pendidikan formal hingga jenjang tertinggi, ia juga banyak mengikuti pelatihan dan kursus sejak meniti karirnya di Kepolisian.

Petrus Golose kerap mengikuti berbagai konferensi internasional, menjadi pembicara di banyak pertemuan internasional, hingga menjadi dosen di perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Dalam hitungan hari ke depan, ia akan dikukuhkan sebagai guru besar tetap bidang Ilmu Kepolisian. (rls/tam)