Meriahkan Kemerdekaan RI, Dinkes Kota Tangerang Gebyarkan Semarak

    Kepala Dinkes Kota Tangerang Dini Aggraeni (kanan), sedang berbincang dengan Ketua FKTS Hj Siti Rokayah, usai upacara pengibaran bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, di lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Rabu (17/8).

    TANGERANG – Memperingati hari kemerdekaan RI ke-77, Dinas Kesehatan Kota Tangerang melaksanakan berbagai rangkaian pelayanan kesehatan yang dirangkum dalam kegiatan Semarak (Semua Masyarakat Harus Sehat di Kota Tangerang).

    Seluruh kegiatan pelayanan masyarakat di bulan Agustus tersebut tanpa dipungut biaya. Diantara layanan itu adalah pemberian imunisasi anak, pemberian vitamin A dan obat cacing.

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini dr. Dini Anggraeni mengatakan, imunisasi  anak, pemberian vitamin A usia 2-12 tahun dan pemberian obat cacing anak usia 6-59 bulan itu dilaksanakan di seluruh posyandu se-Kota Tangerang selama bulan Agustus.

    “Kami juga melakukan edukasi kesehatan gigi dan mulut ke seluruh Sekolah Dasar (SD) se-Kota Tangerang. Sejak pandemi Covid-19 terjadi, kaitan edukasi ini hampir terlupakan. Padahal menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu kebiasaan baik yang patut diajarkan sejak kecil,” terang Dini.

    Kemudian untuk meningkatkan kualitas produksi dan daya saing pelaku UMKM, pihaknya juga akan menggelar kursus hygiene sanitasi pada 25 Agustus dan penyuluhan pangan bagi pelaku industri rumah tangga pangan.

    “Kursus hygiene sanitasi bertujuan memudahkan para pelaku UMKM di Kota Tangerang untuk mendapatkan sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Sebab untuk mendapatkan sertifikat PIRT, pelaku usaha harus laik hygiene,” terang Dini.

    Ia menambahkan, para pelaku usaha yang ingin mengikuti kursus bisa mendaftar diri secara online yang sudah dibuka sejak awal Agustus lalu dan tanpa dikenakan biaya apapun.

    “Ini merupakan inovasi dari kami guna memberikan kemudahan dengan pendaftaran dan kegiatan kursus secara online. Dan ini menjadi bentuk dukungan kami  kepada para pelaku UMKM di Kota Tangerang,” tutur Dini.

    Selanjutnya untuk memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan teladan, pada peringatan HUT RI ke-77 ini Dinkes Kota Tangerang memberikan lima penghargaan yang diberikan kepada dokter umum, dokter gigi, bidan, analis dan apoteker.

    “Selaku pembina Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS), pada Agustus ini kami memberi penghargaan kepada perkantoran Organisasi Perangkat daerah (OPD), kantor kecamatan, kelurahan dan FKTS tingkat kecamatan dan kelurahan yang telah menerapkan manajemen kebersihan dan ramah lingkungan,” ungkap Dini.

    Terlepas dari itu semua kata Dini, tujuan pelayanan kesehatan tidak menunggu momenntum Agustus saja. Sebab setiap hari jajarannya senantiasa memberikan layanan kesehatan buat masyarakat.

    “Yang membedakan di bulan Agustus ini hanya lebih meriah. Kami menggemakan kegiatan Semarak dengan menerjunkan semua tenaga kesehatan. Sesuai dengan tema hari kemerdekaan tahun ini, kita harus pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” tukas Dini. (adv)