Meski Pandemi, Pembuat Hio di Tangerang Tetap Banjir Order

    FOTO: Umat tiong hoa saat melakukan ritual doa dengan hio di tangannya (dok.denis)

    TANGERANG – Jelang perayaan tahun baru Imlek 2021, pembuat Hio di kawasan Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, kebanjiran order.

    Hal itu diakui Atong, seorang pembuat Hio di wilayah Kabupaten Tangerang. Kata Atong, permintaan hio menjelang perayaan Imlek pada setiap tahunnya selalu meningkat dibanding hari biasanya.

    Atong mengaku permintaan Hio tahun ini pun tidak berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya, meski dalam situasi pandemi Covid-19.

    “Permintaan saat ini lumayan besar, sama seperti tahun lalu,” katanya, Sabtu (6/2/2021).

    Dengan melibatkan 10 pekerja, dirinya menargetkan dapat memproduksi sebanyak delapan ribu batang Hio pada setiap harinya. Namun, ia mengaku proses produksi dapat terkendala jika dalam kondisi hujan.

    “Jika hujan produksi turun 50 persen karena enggak kering. Biasanya 8000 batang bisa tiga hari, kalau kondisi kaya gini bisa seminggu,” terangnya.

    Saat ini hingga dua bulan ke depan, kata Atong, permintaan hio akan tinggi dibanding hari-hari biasanya.

    Hal tersebut lantaran warga keturunan Tionghoa akan berkumpul dan menggelar tradisi tahunan, yang dikenal Ceng Beng setiap tanggal 5 April setiap tahunnya.

    “Kalau ini kan lagi banyak permintaan hingga dua bulan. Jadi nyambung dari lebaran (Imlek), terus nyambung ke Ceng Beng,” pungkasnya. (Hmi)