Pawai Ta’aruf Awali Kemeriahan MTQ Emas Kabupaten Tangerang

    FOTO: Antusias masyarakat saat mengikuti pawai ta'aruf MTQ ke-50 tingkat Kabupaten Tangerang

    TANGERANG (BT) – Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-50 tingkat Kabupaten Tangerang dibuka. Sebanyak 29 kafilah kecamatan beriringan mengikuti Pawai Taaruf. Pembukaan MTQ emas 2019 ini diawali dengan pawai ta’aruf. Acara berlangsung di Perumahan Bumi Indah, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Senin (4/11/2019).

    Sebagai tuan rumah, Kecamatan Pasar Kemis menerjunkan kekuatan terbaiknya dengan jumlah peserta terbanyak di antara kecamatan lainnya. Sejumlah atraksi mewarnai kegiatan tersebut. Acara ditutup dengan atraksi barongsai hingga debus.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, Sekda Kabupaten Tangerang yang merangkap Ketua LPTQ Moch. Maesyal Rasyid, Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang H. Badri Hasun, Ketua MUI Kabupaten Tangerang KH. Ues Nawawi, serta camat dan seluruh OPD Kabupaten Tangerang.

    “Alhamdulillah antusiasme masyarakat ikuti pawai ta’aruf ini luar biasa,” ucap Mad Romli dalam sambutannya. “Tadi kita liat bagaimana antusias warga, para alim ulama, tokoh masyarakat, dalam mengembangkan kecerdasan emosional melalui MTQ ini,” ujarnya menambahkan.

    Melalui MTQ ini, diharapkannya mampu meningkatkan iman dan taqwa masyarakat terhadap Al-Quran. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan penjabaran dari Visi Misi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

    “Jadi tujuan utama itu peningkatkan kapasitas kecerdasan emosional. Seluruh pondok pesantren, sekolah, maupun para tokoh masyarakat harus bersama membina mencetak generasi yang memiliki kecerdasan spriritual, yang dalam hal ini fasih membaca dan hafal Al-Quran,” urainya.

    Sementara Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, meski di tengah terik matahari yang menyengat, ribuan warga ramaikan dan tumpah ruah pada kegiatan pawai ta’aruf MTQ tingkat Kabupaten Tangerang. Pawai tersebut mengawali rangkaian MTQ yang digelar di Kecamatan Pasar Kemis.

    Diketahui, sejumlah elemen warga dan masyarakat serta anak sekolah tumpah ruah di Jalan Suvarna. Seluruh kafilah kecamatan di Kabupaten Tangerang unjuk potensi kekuatan mulai dari qori-qoriah, ulama, mobil hias, hingga seni budaya. Mereka berusaha menampilkan yang terbaik dalam pawai taaruf tersebut. (Hmi)