Hasjantama-Djafarudin-2

    Pemkot Tangerang Berupaya Meningkatkan Kemitraan Usaha Bagi UMKM

    Bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi UMKM tahun 2023, Kamis (09/03), di aula Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Gedung Cisadane.

    TANGERANG – Dalam upaya meningkatkan daya jual UMKM Kota Tangerang melalui kemitraan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi UMKM tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di aula Disperindagkop UKM, Gedung Cisadane, Kamis (09/03).

    Kegiatan dimaksudkan untuk memfasilitasi antara pelaku usaha dengan retail, toko online, bank dan supermarket. Sehingga keuda belah pihak dapat berkomunikasi dan bermitra dan produk mereka dapat ditampilkan di retail, supermarket, dan toko-toko online.

    “Tujuan utamanya adalah dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha dan menciptakan lapangan kerja. Sehingga masyarakat Kota Tangerang dapat sejahtera karena adanya pelaku usaha,” kata Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Suli Rosadi.

    Menurutnya, kegiatan dibagi menjadi tiga angkatan dari 13 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Para pemateri yang dihadirkan berasal dari Tokopedia, Indomaret, BRI dan Sarinah.

    “Peserta yang hadir berasal dari 13 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Selanjutnya bimtek dibagi menjadi tiga angkatan. Untuk pemateri hari ini, dihadirkan dari Tokopedia dan Indomaret. Sedangkan Bank BRI dan Sarinah akan mengisi materi besik,” jelas Suli.

    Arie Maya Lestari, salah satu narasumber dari Tokopedia mengaku, bila antusias para peserta sangat tinggi meskipun saat dalam perjalanan ke lokasi, sempat ada hujan.

    “Materi yang saya sampaikan adalah bagaimana cara membuka atau membuat toko di Tokopedia dan melengkapi produk-produknya. Sehingga para pelaku UMKM dapat membuka toko di Tokopedia dan penjualannya meningkat. Antusias para peserta juga luar biasa. Meskipun tadi sempat hujan, tetapi mereka tetap hadir hari ini,” ungkap Arie.

    Sementara itu seorang peserta, Titik Iryaningsih asal Kecamatan Jatiuwung, mengaku merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini. Ia mendapatkan banyak informasi tentang cara mengelola tokonya di Tokopedia

    “Untuk usaha yang saya tekuni, kegiatan ini sangat mendukung. Kami di sini dipandu untuk membuat akun hingga cara menginput produk. Kami berharap, semua UMKM di Kota Tangerang dapat segera juga berjualan melalui Tokopedia, selain berjualan secara offline,” ujar wanita yang menggeluti usaha kerajinan tangan ini. (*/tam)