PMI, Kotret dan Warteg Gratis Berkolaborasi

    FOTO: Perwakilan PMI, Kotret dan Warteg Gratis pose bersama

    TANGERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang gandeng Komunitas Taman Potret (Kotret) gelar Workshop Pertolongan Pertama dan donor darah di Museum Juang Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Minggu (13/9/2020).

    Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara menyambut World First AIDS dan HUT PMI ke-75. Dalam momentum kali ini, workshop dan donor darah yang diikuti puluhan peserta itu disupport Warteg Gratis area Tangerang.

    Ketua Kotret Adrianto mengatakan, acara ini berangkat dari keprihatinan teman-teman Kotret mengingat stok darah PMI Kota Tangerang yang kian menipis.

    “Awalnya ini hanya sekedar obrolan dengan Kabiro Humas PMI Ade Kurniawan, setelah itu kami realisasikan melalui kegiatan hari ini,” kata Ketua Kotret, Minggu (13/9/2020).

    Selain donor darah, kegiatan juga diisi dengan Workshop Pertolongan Pertama speaial untuk teman-teman wartawan. Kata Adri, workshop diadakan guna memberi wawasan dasar kepada para pekerja media.

    “Kami yang kesehariannya di lapangan memerlukan workshop ini, minimal agar bisa menjadi penyelamat saat terjadi kejadian yang tidak diinginkan di lapangan,” terangnya.

    Adapun pemateri pada sesi acara workshop diisi oleh Ketua KSR Rizki Fauzi dengan seorang pemandu acara yakni Eko Marhen. Kata Rizki, kegiatan PMI Kota Tangerang bukan hanya sebatas donor darah saja, melainkan juga melakukan diseminasi PMI.

    “Banyak yang kami lakukan salah satunya diseminasi PMI, memberi pertolongan saat terjadi banjir, atau mengevakuasi korban kebakaran dan masih banyak lagi kegiatan lainnya,” ujar Rizki.

    Setelah workshop ini, Rizki berharap para peserta Workshop Pertolongan Pertama dapat menjadi relawan dalam kondisi apapun.

    “Minimal kita bisa membantu mengambil tindakan ketika menemui kecelakaan di jalan. Atau paling tidak melakukan pertolongan pertama bagi yang membutuhkan di sekitar kita,” katanya.

    Diketahui, dalam kegiatan donor kali ini PMI berhasil mengumpulkan sebanyak 27 kantung darah. Puluhan kantung darah tersebut nantinya bakal membantu menambah stok darah PMI Kota Tangerang yang terus menipis.

    Sementara berdasarkan pantauan beritatangerang.id, para pendonor yang sudah mendonorkan darahnya langsung diarahkan ke area Warteg Gratis, supaya mereka dapat menikmati menu masakan yang tersaji.

    PIC Warteg Gratis (WG) Tangerang Imelda Silvia Natasya mengatakan, Warteg Gratis mendukung kegiatan PMI dan Kotret hari ini.

    “Ini salah satu sasaran kami. Jadi target kami di antaranya adalah permukiman pemulung, panti asuhan dan mahasiswa. Termasuk support kegiatan-kegiatan sosial seperti PMI dan Kotret hari ini,” ujar Tasya.

    Dalam sepekan, lanjut Tasya, Warteg Gratis bisa menggelar 2 hingga 3 kali kegiatan serupa. Saat ini, pihaknya juga sering kali membagikan sembako bagi warga yang membutuhkan.

    “Relawan kami di Tangerang sekitar 700 orang, untuk se-Indonesia bisa mencapai 2.000 lebih. Jika ada yang ingin ikut berdonasi ke WG, bisa melalui kitabisa.com,” pungkasnya. (Hmi)