Pojok Baca Berdaya Tampung Seribu Judul Buku Diluncurkan Pemkot

    FOTO: Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi jajarannya (dok.hms)

    TANGERANG (BT) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan mendongkrak gerakan literasi kepada siswa dengan melaunching 64 pojok baca di 13 kecamatan se-Kota Tangerang. Perwujudan ini merupakan upaya membangun minat baca masyarakat khususnya bagi para pelajar di Kota Tangerang.

    Selain dengan pembinaan di sekolah, kehadiran pojok baca diyakini sebagai salah satu teknis membangun minat baca kepada anak. “Ini menjadi salah satu bukti nyata komitmen Pemkot Tangerang dalam menumbuhkan minat baca kepada anak,” ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat launching pojok baca di SD Negeri Periuk Jaya Permai, Kota Tangerang.

    Dengan meluncurkan 64 pojok baca yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kota Tangerang, Arief berharap budaya literasi dapat tertanam dengan kuat kepada siswa. Selain pojok baca, ia juga mengaku meresmikan 50 laboratorium komputer di sekolah dasar.

    “Kita juga ga boleh ketinggalan dengan perkembangan zaman, kalau dulu yang punya laboratorium komputer itu sekolah menengah pertama, sekarang dari sekolah dasar sudah harus punya,” katanya, Jumat (14/2/2020).

    Laboratorium komputer itu, lanjut Arief, sudah sepaket darimulai meja, kursi, hingga jaringan internet yang juga sudah tersedia. “Jangan batasi kreatifitas anak kita, arahkan saja agar mereka bisa menjadi anak yang memiliki kreatifitas dengan mumpuni,” tandasnya.

    Sementara sebelumnya, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tangerang Totong Suwarto mengaku telah membangun 64 pojok baca yang tersebar di 13 kecamatan dari sejak 2019.

    “Jadi, dengan adanya pojok baca diharapkan dapat membangun budaya literasi khususnya para siswa dan guru,” kata Totong.

    Menurut ia, peluncuran 64 pojok baca itu merupakan upaya Dindik Kota Tangerang yang dirumuskan sejak 2018 untuk mendorong minat baca siswa di sekolah.

    “Kami sudah memberikan 876 judul buku untuk setiap perpustakaan di sekolah. Jadi dengan adanya pojok baca semua buku yang ada akan dipindahkan,” imbuhnya.

    Pojok baca yang dibangun dikatakannya memiliki daya tampung buku hingga 1.000 judul buku. Sehingga kaya akan referensi literasi bagi siswa.

    “Pojok baca yang dibangun didesain ramah anak dan nyaman untuk membaca buku,” pungkasnya.(Hmi)