Program STAR Permudah Layanan Pembuatan Akta dan KIA di Tangerang

    Sosialisasi program STAR lewat zoom

    TANGERANG – Upaya meningkatkan layanan pembuatan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang sosialisasikan program Sekolah Tuntas Administrasi Kependudukan (STAR).

    Dengan melalui zoom, sosialisasi program tersebut diikuti para tenaga pendidik jenjang PAUD, TK, SD dan SMP se-Kota Tangerang, Kamis (26/1/2023).

    Kepala Bidang Pengelola Informasi Adminsitrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK PD), Disdukcapil Kota Tangerang, Mohamad Muflih Sutisna mengatakan, lewat sosialisasi ini ditujukan untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran dan KIA di Kota Tangerang.

    Lewat sosialisasi ini, lanjut Muflih, Disdukcapil melakukan sosialisasi terkait proses pengimputan data melalui sistem yang telah dibuat.

    “Data yang masuk akan diproses oleh tim Disdukcapil dan fisiknya akan dikirim kembali ke sekolah yang bersangkutan. Dengan begitu, sekolah di Kota Tangerang dapat menjadi simpul layanan Disdukcapil, sehingga pelayanan kian mudah dan cepat,” katanya.

    Ia menambahkan, inovasi program STAR ini merupakan pelayanan pembuatan akta kelahiran dan KIA bagi anak usia 0-17 tahun dari sekolah. Ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan dengan mempermudah dan mempercepat pembuatan akta kelahiran dan KIA dari sekolah.

    “Kami berharap dengan sosialisasi awal tahun ini seluruh petugas pelaksana program STAR dapat memahami program dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

    “Sehingga, tagline Disdukcapil dapat membahagiakan masyarakat, dapat benar-benar terealisasi dan dirasakan langsung oleh masyarakat Kota Tangerang,” pungkasnya. (Hmi)