SDN Rama II, Siap Hadapi Adiwiyata

    Para siswa SDN Rama II, sedang mengikuti sosialisasi yang digelar DLH Kota Tangerang, Sabtu (16/12).

    TANGERANG – Menyambut pelaksanaan sekolah Adiwiyata 2018, SDN Rama II telah melakukan sejumlah persiapan. Diantaranya melakukan penghijauan sekolah, melaksanakan kegiatan kebersihan dan melengkapi sarana serta prasarana yang dibutuhkan. Sekolah yang beralamat di Perumnas II, Jalan Rama Raya, Kelurahan Cibodas Baru, Kecamatan Cibodas telah siap mengikuti penilaian Adiwiyata.

    Para siswa tidak lupa turut dilibatkan untuk mendukung program Adiwiyata. Terutama dalam menjaga kebersihan dan memelihara penghijauan sekolah. Seperti kegiatan sosialisasi yang digelar Sabtu (16/12) lalu. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, memberi pengetahuan terkait pembuatan kompos, memanfaatkan barang-barang bekas dan menanam dengan menggunakan sistem hidroponik.

    Sebanyak 30 murid kelas IV, V dan VI, mengikuti kegiatan tersebut. “Kami berharap, murid bisa aktif mendukung program Adiwiyata sekolah,” ungkap Ketua Adiwiyata SDN Rama II, Kus Mardiyanto.

    Kepala SDN Rama II Wiwi Winarti (kanan), berpose di area penghijauan SDN Rama II, Cibodas.

    Ilmu yang telah diterima murid peserta sosialisasi, diminta untuk ditukarkan ke teman kelasnya yang. Kemudian diimplementasikan. Baik di lingkungan sekolah maupun tempat rumah siswa. Sementara itu Kepala SDN Rama II, Wiwi Winarti menyebut, di lingkungan sekolahnya telah dilaksanakan penghijauan.

    “Kami melibatkan murid saat proses penanaman dan merawat tanaman,” ungkap Wiwi. Para murid tambah Wiwi, juga diberi arahan tentang perilaku hidup sehat. Diantaranya menjaga kebersihan di dalam maupun di luar kelas. Terkait sosialisasi yang digelar DLH, ia meminta murid untuk merealisasikannya. Untuk menambah penghijauan sekolah.

    “Kami telah memiliki Taman Obat Sekolah (TOS), Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dan penghijauan sekolah,” terang Wiwi. Untuk mendukung Adiwiyata, sebelumnya siswa juga telah menerima arahan dari Pemerintahan Kecamatan Cibodas dan puskesmas setempat.

    “Semoga arahan yang telah diterima siswa, dapat membentuk karakter perilaku sehat dan menambah rasa cinta serta ramah terhadap lingkungan,” pungkas Wiwi. Terpisah Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang Hari Purwanto menerangkan, sekolah SD dan SMP sederajat di Kota Tangerang akan mendeklarasikan program Adiwiyata.

    “Kegiatan kami gelar hari ini Senin (18/12), di lapangan Ahmad Yani. Sekaligus menyerahkan penghargaan kepada 12 sekolah pemenang lomba toilet sehat,” ungkap Hari. Seluruh sekolah baik SD negeri maupun swasta dan SMP negeri serta swasta, mengikuti lomba ini. “Tim penilai berasal dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan. Mereka ditugaskan di luar wilaya kerjanya dan menilai secara diam-diam,” pungkas Hari. (tam)

    Print Friendly, PDF & Email