Sekda Buka Orientasi Mabigus

    Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid (kiri), pada acara orientasi Mabigus, Selasa (23/1).

    CURUG – Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid, membuka Orientasi Majelis Pembimbing Gugus (Mabigus) Depan Unggul, Selasa (23/1), di gedung Kwarcab Diklat Kitri Bakti. Kegiatan diikuti oleh 64 peserta. Terdiri dari Kepala Sekolah SD, SMP/MTS dan SMA/SMK.

    Pada kesempatan tersebut Maesyal mengatakan, gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Memiliki tugas menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak dan pemuda, supaya menjadi Insan yang bertaqwa dan berjiwa Pancasila.

    Mempunysi watak, sikap, sifat dan kepribadian serta moral juga budi pekerti yang luhur. Juga memiliki pengetahuan, keterampilan dan wawasan yang luas. Sehingga pada gilirannya dapat menjadi penerus tongkat estafet perjuangan bangsa dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

    Maesyal menambahkan, membina anggota Pramuka bukanlag hal mudah. Diperlukan ilmu pengetahuan dan keterampilan. “Orientasi Mabigus Gugus Depan Unggul, bertujuan mengikat persatuan, kebersamaan dan keterpaduan. Juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan,” ungkap Maesyal di hadapan para peserta.

    Ia mengapresiasi pelaksanaan kegiatan orientasi tersebut. Diharapkan melalui kegiatan itu, akan semakin mendorong perkembangan gerakan Pramuka. Terutama untuk kepala sekolah tingkat SD, SMP/MTS dan SMA/SMK.

    Sedangkan Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Tangerang Ahdiyat Nuryasin menuturkan, pelaksanaan orientasi ini bertujuan memberikan bekal yang cukup kepada para Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan anggota dewasa.

    Sehingga mampu melaksanakan pendidikan kepramukaan kepada kaum muda. Sehingga saat pelaksanaan di lapangan, amanat kurikulum tersebut dapat berjalan lancar. “Pendidikan kepramukaan benar-benar mampu mendidik generasi muda, menjadi generasi yang tangguh dan berkarakter,” kata Ahdiyat.

    Melalui orientasi ini, diharapkan gerakan Pramuka akan semakin lebih baik lagi. Sehingga mampu menjadi bekal di kemidian hari. “Saya berharap, ilmu yang didapat di tempat ini bisa disampaikan dan ditransfer kepada anak didik di sekolah,” pinta Ahdiyat. (kom/tam)