Sinar Mas Land Resmikan Kampung Mantul di Tangerang

    FOTO: Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid (kedua dari kiri) melakukan prosesi pemberian bibit tanaman kepada perwakilan warga Kampung Ranca Kebo

    TANGERANG – Dalam rangka menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) di bidang lingkungan sekaligus mendukung ketahanan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk meresmikan program Kampung Mantul pada Kamis (17/12) di Kampung Ranca Kebo, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

    Peresmian dilakukan di galeri dan workshop yang dibangun Sinar Mas Land pada wilayah tersebut dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong bekas timbunan sampah. Sebagai salah satu pilot project dari program ini, kampung tersebut terpilih sebagai Kampung Mantul atau Mantap Betul yang merupakan singkatan dari mandiri, tahan pangan, peduli lingkungan, bersih, tanggap, dan unggul.

    Peresmian Kampung Mantul dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid, beserta Kepala Divisi Corporate Affairs PT BSD Sinar Mas Land, Dony Martadisata. Acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan bibit pohon buah kepada warga, panen sayuran, dan penanaman pohon sebagai bagian dari kegiatan Bulan Menanam tahun 2020. Selain itu, ada sejumlah kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti pengolahan panganan telur asin, pembuatan sabun cuci piring dari daun pandan dan kulit nanas, pembuatan pupuk, dan pemanfaatan barang bekas.

    “Program Kampung Mantul memberikan energi positif kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19. Program yang diinisiasi Sinar Mas Land melalui PT BSD ini bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat demi kemajuan ekonomi rakyat,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid.

    Sebelumnya, rangkaian peresmian program Kampung Mantul juga dilakukan Rabu (16/12) di Kampung Dadap Timur, Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, oleh Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany bersama Kepala Divisi Corporate Affairs PT BSD Sinar Mas Land, Dony Martadisata. Keduanya kemudian turut melakukan prosesi penanaman pohon tabebuya di kampung tersebut.

    “Terima kasih PT BSD sudah memberikan pemicu untuk warga menjadi berdikari melalui urban farming. Mudah-mudahan yang ditanam hari ini bisa membuahkan hasil dan menjadi penggerak perekonomian agar bisa bangkit di masa pandemi Covid-19,” ujar Airin.

    Kepala Divisi Corporate Affairs PT BSD Sinar Mas Land, Dony Martadisata berharap, peresmian program ini dapat mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dan mengelola lingkungan tempat tinggal.

    “Besar harapan kami agar Kampung Mantul bisa memberi dampak yang baik untuk masyarakat dan mendukung berbagai program pemberdayaan masyarakat yang tengah dilakukan para pemerintah daerah, terutama pada situasi pandemi saat ini,” ujar Dony.

    Sejak September 2020, program ini secara intensif memberikan pembekalan kepada masyarakat, baik melalui pembelajaran, praktik lapangan, dan pendampingan yang dilakukan secara online maupun tatap muka dengan protokol kesehatan.

    Pembinaan kampung ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan, dengan terus menambahkan sejumlah materi lain yang dapat mendukung pemberdayaan kampung seperti peternakan, bank sampah, UMKM, dan kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan karakter wilayah masing-masing. (Ris/Hmi)