STIH Painan Ajak Warga Tangerang Melek Hukum

    Dosen STIH Painan Suandi saat mengisi materi

    TANGERANG – Sejumlah dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Painan menggelar sosialisasi dan edukasi tentang hukum kepemilikan akta catatan sipil sebagai dokumen kependudukan bagi masyarakat.

    Kegiatan berlangsung di aula Kelurahan Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, pada Rabu (4/1/2023). Warga nampak antusias mengikuti acara yang turut dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang, Darma Budi Mulia.

    Ketua pelaksana kegiatan yang merupakan Dosen STIH Painan, Suandi mengatakan, kegiatan hari ini merupakan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen pada setiap semester. Tri Dharma Perguruan Tinggi sendiri memiliki tiga poin yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

    “Hari ini kita memberi edukasi kepada warga Nusa Jaya tentang ilmu yang memang kita kuasai dan pelajari di STIH Painan,” ujar Suandi, di lokasi kegiatan.

    “Ini adalah bentuk pengabdian kita kepada masyarakat,” katanya menambahkan.

    Selain itu, lanjut Suandi, tujuan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini salah satunya adalah untuk pelaporan kinerja para dosen. Tujuan lainnya yaitu dalam rangka mensosialisasikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

    “Jadi pelaksanaan hari ini nantinya harus kita laporkan ke perguruan tinggi. Maka dengan ini mudah-mudahan antara kita dengan mitra bisa terus menjalin sinergitas,” jelasnya.

    Kegiatan diharap mampu memberi manfaat bagi masyarakat terutama tentang edukasi hukum. Dengan begitu, dirinya juga berharap akan tercipta masyarakat yang sadar hukum atau melek hukum.

    “Targetnya bagaimana kita bisa mengadvokasi masyarakat, untuk kedepan. Kemudian di sini juga masyarakat bisa mendapat konsultasi hukum secara gratis, dan supaya sadar hukum juga,” tandasnya.

    Sementara Lurah Nusa Jaya Albi Muhammad Nur mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan STIH Painan dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang hukum kepemilikan dokumen catatan sipil.

    “Pendidikan ini jarang sekali didapat masyarakat. Dan ini sangat membantu. Yang tadinya masyarakat tidak ngerti kan jadi ngerti. Kita harus berterimakasih dengan STIH Painan,” ucap Lurah.

    Ia berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan oleh STIH Painan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya di Kota Tangerang. Adanya kegiatan ini pun menurut Lurah dapat membantu mensosialisasikan tentang pembuatan KTP kepada masyarakat.

    “Alhamdulillah warga juga antusias. Tadi hampir semua warga yang hadir mau bertanya. Jadi adanya kegiatan ini juga bisa kita sampaikan bahwa begini loh bikin KTP, begini bikin akta. Jadi memang sangat dibutuhkan warga,” pungkasnya. (Hmi)