Terkait Vaksin Hewan, Pemkot Tangerang Dianjurkan Jemput Bola Jelang Idul Adha

    Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto saat diwawancara

    TANGERANG – Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Turidi Susanto menganjurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang jemput bola terkait vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

    Hal itu menyusul penyebaran PMK pada hewan ternak di Kota Tangerang yang begitu masif. Terlebih kata Turidi, menjelang Idul Adha 1443 Hijriah ini, Kota Tangerang menjadi salah satu wilayah yang tingkat penyebaran PMK nya tertinggi se-Provinsi Banten.

    “Karena vaksin kan penting buat daya tahan tubuh hewan ya, jadi saya pikir Pemerintah Kota Tangerang kalau perlu jemput bola ya. Karena hampir semua pedagang mengeluh dikarenakan tidak bisa menjual sapi besar,” kata Turidi, saat ditemui di ruangnya, Kamis (7/7/2022).

    “Jadi sebaiknya pemkot melalui dinas terkait berkoordinasi dengan Kementan terkait vaksin ini,” imbuhnya.

    Selain itu, pemerintah juga harus tetap melakukan pengawasan secara keseluruhan ke tempat-tempat penjualan sapi atau penggemukan menjelang idul adha.

    “Jadi pemerintah harus benar-benar berupaya mengawasi agar hewan yang dipotong itu sehat, bergizi, dan tidak sakit,” tandasnya.

    Berdasarkan informasi terakhir pada 4 Juli 2022, kasus PMK pada hewan ternak di Provinsi Banten sebanyak 2050 terkonfirmasi. Salah satu penyumbang kasus PMK terbanyak yakni Kota Tangerang dengan 800-an terkonfirmasi. (Hmi)