Teroris dari Jawa Timur Dibawa ke Rutan Cikeas Jawa Barat

    FOTO: Komplotan teroris saat tiba di Bandara Soetta

    TANGERANG – Sebanyak 22 terduga teroris tiba di landasan Apron Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Kamis (18/3/2021). Mereka didatangkan dari Jawa Timur.

    Komplotan teroris itu tiba di landasan (apron cargo) Bandara Soekarno-Hatta pukul 12.15 WIB. Ke-22 Teroris ini didampingi oleh Tim Densus 88.

    Para teroris itu terlihat turun dari pesawat dengan kaki terikat rantai dan menggunakan penutup mata. Mereka turun menggunakan baju tahanan berwarna oranye.

    Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan penindakan penangkapan teroris ini dilakukan sejak Jumat (26/2) hingga Selasa, (2/3).

    “Densus 88 telah melakukan penegakan hukum terhadap 22 tersangka di Jawa Timur, dilakukan penindakan di surabaya, siduarjo, Mojekerto, Kediri, Malang dan Bojonegegoro,” ujar Rusdi kepada wartawan, di landasan Cargo, Bandara Soetta.

    Dijelaskan Rusdi, kelompok teroris ini merupakan kelompok jamaah islamiyah atau kelompok Fahim.

    “Kelompok ini jamaah islamiyah dan rekan rekan densus sering menyebutnnya kelompok Fahim,” terangnya.

    Pada kesempatan itu, Rusdi juga mengungkapkan jika para tersangka teroris itu dibawa ke Rumah Tahanan Teroris di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

    “Yang hari ini akan dibawa ke rutan Cikeas,” ujar Rusdi kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

    Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, ke-22 tersangka teroris di Jatim itu merupakan kelompok Fahim.

    Kelompok ini, lanjut Rusdi, berafiliasi dengan Al Qaeda. “Saat ini masih dikembangkan lagi oleh Densus 88 untuk betul-betul kelompok Fahim ini bisa diselesaikan di Jatim,” ujarnya.

    Rusdi mengatakan bahwa ke-22 tersangka teroris itu ditangkap selama operasi pencegahan terorisme yang berlangsung di Jatim.

    Dari 22 tersangka merupakan 12 terduga teroris yang ditangkap di wilayah Jawa Timur pada Jumat (26/2) lalu.

    Penangkapan terduga teroris di Jatim kembali dilakukan pada Senin (1/3/2021). Seorang terduga teroris
    berinisial N ditangkap dari rumahnya di Surabaya.

    “Sampai hari ini sudah 22 tersangka yang ditangkap di Jawa Timur,” pungkasnya. (Hmi)