Truth: Pelanggaran Disiplin Oknum Pegawai Kecamatan Harus Disikapi Serius

    (Istimewa)

    TANGERANG – Pelanggaran disiplin oknum pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Kecamatan Batuceper yang diduga bermain proyek pengadaan barang dan jasa disoroti Tangerang Public Transparency Watch (Truth).

    Wakil Koordinator Truth, Ahmad Priatna mengatakan, pelanggaran disiplin oknum PNS yang bermain proyek pengadaan barang dan jasa ini harus disikapi secara serius. Sebab hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 53 Pasal 4 Tahun 2010.

    “Seorang pegawai negeri sipil (PNS) dilarang menyalahgunakan wewenang, menjadi perantara untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan/atau orang lain dengan menggunakan kewenangan orang lain,” ungkap pria yang akrab disapa Nana, Rabu (9/6/2021).

    Artinya, lanjut Nana, apabila dugaan bermain proyek yang melibatkan PNS di Kecamatan Batuceper itu terbukti, maka jelas ada sanksinya. Sanksi terberat, sambungnya, mulai dari penurunan dan tidak dinaikkan pangkat selama 3 tahun, pembebasan dari jabatan dan diberhentikan.

    “Untuk itu kami mendorong agar inspektorat dan BKPSDM Kota Tangerang untuk terlibat dalam menyikapi persoalan ini, agar dapat menjadi pembelajaran bagi pegawai lainnya di lingkup Pemkot Tangerang untuk tidak melakukan hal yang sama dan meminimalisir pelanggaran disiplin lainnya,” pungkas Nana. (Hmi)