Warga Kota Tangerang Terima 4000 Sertifikat Tanah

    Gubernur Banten Wahidin Halim kiri), didampingi Walikota Tangerang Arief R Wismansyah (dua kiri), menyerahkan sertifikat tanah bagi masyarakat Kota Tangerang melalui Program PTSL, Rabu (10/4), di halaman gedung Puspemkot Tangerang.

    TANGERANG – Sebanyak 4000 warga Kota tangerang, menerima sertifikat tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Kegiatan dimaksudkan, untuk mewujudkan Kota Lengkap Sertifikat,

    PTSL merupakan program yang diinisiasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kota Tangerang sendiri mendapat target 20 ribu sertifikat tanah yang harus diselesaikan untuk diterbitkan. Hingga saat ini, hampir separuh warga menerima sertifikat tanah dari target yang ditetapkan.

    “Bapak-bapak, ibu-ibu harus berterima kasih kepada pemerintah. Ini komitmen pemerintah pusat dalam menyejahterakan masyarakat. Salah satunya dengan menerbitkan sertifikat ini,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim, pada acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat, Rabu (10/4), di halaman gedung Puspemkot Tangerang.

    Ia menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten Andi Tantri Abeng dan Kepala Kantor BPN Kota Tangerang, yang sudah berjuang untuk masyarakat Kota Tangerang.

    Wakil Walikota Tangerang Sachrudin (kiri), pada acara penyerahan sertifikat tanah bagi warga Kota Tangerang.

    “Kami haturkan terima kasih kepada ibu Kakanwil BPN Provinsi Banten, yang sudah menyelesaikan jutaan sertifikat untuk masyarakat Banten. Juga atas kerjasama dengan Kantor BPN Kota Tangerang yang turut membantu menyukseskan Program PTSL untuk kepentingan warga Kota Tangerang,” terang gubernur yang akrab disapa WH ini.

    Ia menambahkan, masyarakat Kota Tangerang pastinya merasa sangat senang telah menerima sertifikat tanah. “Sudah lama warga tidak punya sertifikat. Sekarang sudah terbit. Pastinya senang sekali mereka,”imbuh WH.

    Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang juga hadir bersama wakilnya  Sachrudin berharap, agar target PTSL bagi warga Kota Tangerang tahun ini bisa direalisasikan. Sehingga semua tanah di Kota Tangerang memiliki sertifikat.

    “Supaya warga memiliki legalitas tanah yang sah. Jadi membuat rasa aman dan nyaman ketika mendirikan usaha dilahannya,” tutur Arief. Sementara itu Kakanwil BPN Provinsi Banten Andi Tantri Abeng menyebut, bila 2019 ini merupakan tahun terakhir Program PTSL di Kota Tangerang.

    “Khusus Kota Tangerang, ayo daftarkan tanahnya. Sebab tahun ini kesempatan terakhir. Kenapa saya mengajak masyarakat, karena biaya penerbitan sertifikat tanah ditanggung oleh pemerintah dan jelas waktunya,” terang Andi. (rls/tam)