Warga Mengapresiasi Keberadaan Alun-alun Kecamatan Periuk

    Walikota Tangerang, Arief R Wisnansyah (kiri), bersama wakilnya Sachrudin (dua kanan), mengikuti senam pada acara peresmian Alun-alun Kecamatan Periuk, Sabtu (9/12).

    TANGERANG – Pemkot Tangerang terus berupaya memberikan fasilitas terbaik buat warganya. Salah satunya adalah pembangunan alun-alun dan infrastruktur lainnya di wilayah Kecamatan Periuk.

    Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Tangerang, Sugihharto Achmad Bagdja mengatakan, keberadaan Alun-alun Kecamatan Periuk yang diresmikan Sabtu (9/12) lalu, kini menjadi landmark yang memberikan suasana baru bagi para warga.

    “Pada alun-alun tersebut, terdapat lapangan dengan rumput sintetis, jogging track, hingga food court untuk para pelaku UMKM. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam kegiatan,” ungkap kepala dinas yang akrab disapa bang Ugi ini.   

    Suasana peresmian Alun-alun Kecamatan Periuk, Sabtu (9/12).

    Selain membangun alun-alun, Pemkot Tangerang melalui Disperkim juga telah menyelesaikan bedah rumah bagi 44 warga Kecamatan Periuk. Tentu saja Program Bedah rumah ini sangat membantu warga yang masih menempati rumah tidak layak huni.

    “Semoga keberadaan Alun-alun Kecamatan dan realisasi pembangunan 44 bedah rumah warga Kecamatan Periuk ini, bisa memberi fasilitas bagi warga. Sehingga masyarakat bisa menikmati sarana ruang terbuka yang baik dan dapat menempati rumah yang sehat,” jelas Ugi.

    Sementara itu Camat Periuk, Nanang Kosim menerangkan, hadirnya Alun-Alun Kecamatan Periuk menjadi salah satu pembangunan fisik terbaru. Masih ada berbagai pembangunan lainnya di Kecamatan Periuk di antaranya adalah Gedung MUI Kecamatan Periuk dan tiga unit community center, Gedung Olahraga (GOR).

    “Alhamdulillah, Kecamatan Periuk menjadi titik pertama roadshow pembangunan dan sekaligus peresmian Alun-Alun Kecamatan Periuk. Pembangunan fisik dan non-fisik juga sangat luar biasa,” kata Nanang.

    Bagi warga Kecamatan Periuk, keberadaan alun-alun yang baru saja selesai dibangun pemkot itu tentu menjadi kebanggan tersendiri. Ribuan warga berbondong-bondong mendatangi Alun-Alun yang diresmikan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan wakilnya Sachrudin, Sabtu (09/12).

    Salah satu warga Kecamatan Periuk, Subandi menuturkan, sebelum menjadi alun-alun, lokasi tersebut pernah berdiri bangunan GOR Periuk. Tak hanya digunakan sebagai sarana olahraga, GOR Periuk juga tak jarang menjadi lokasi pertunjukan musik.

    “Dulu paling sering mungkin digunakan sebagai sarana olahraga seperti bulu tangkis. Ada klub atau Persatuan Bulu Tangkis (PB) juga yang berlatih di sini. Sempat sering untuk acara-acara musik juga. Tapi, beberapa tahun belakangan memang sudah tidak bisa digunakan,” ungkapnya.

    Menurutnya, dengan diubahnya menjadi Alun-Alun Kecamatan Periuk, memberikan suasana baru yang dapat digunakan semua warga. Terlebih, banyak pelaku UMKM yang bisa berjualan.

    “Alun-alun ini memberikan suasana baru di Kecamatan Periuk. Dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan lansia juga masih bisa datang meskipun hanya sekadar jalan-jalan atau berbelanja di stand UMKM. Tentu sangat bagus sekali dan kami bangga juga memiliki alun-alun sendiri di sini,” katanya.

    Warga lainnya, Suci mengaku, kini ia tidak perlu lagi jauh-jauh ke lapangan Ahmad Yani sekedar untuk berolahraga. Sebab sekarang ada Alun-Alun Kecamatan Periuk yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya. Cuma butuh waktu sekitar lima menit saja.

    “Senang sekali ada alun-alun dekat rumah. Pada pagi hari masih bisa untuk sekadar jogging sebentar sebelum mulai kerja. Sebelumnya, pada akhir pekan menyempatkan pergi ke lapangan Ahmad Yani untuk jogging, tapi sekarang tidak lagi. Sebab kini ada Alun-Alun Kecamatan Periuk,” paparnya. (***)