Belasan PSK Dipulangkan Usai Diberi Bimbingan Rohani

    FOTO: Sejumlah PSK dan para anjal diberikan bimbingan rohani sebelum dipulangkan ke rumahnya

    TANGERANG – Belasan pekerja seks komersial (PSK) yang terjaring rajia Satpol PP Kota Tangerang dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Mereka dipulangkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang.

    Diketahui sebelumnya, Satpol PP Kota Tangerang menjaring belasan PSK dalam operasi penegakan Perda beberapa waktu lalu. Kemudian, belasan PSK itu diserahkan ke Dinsos Kota Tangerang sebelum akhirnya dipulangkan.

    “Mereka sudah dipulangkan, sudah berada dengan keluarganya masing-masing,” ungkap Jajat Jafar, Kasie Rehabilitasi Eks Penyakit Sosial dan Tuna Sosial Dinsos Kota Tangerang, saat ditemui di Rumah Singgah Dinsos Kota Tangerang, Senin (5/4/2021).

    Kata Jajat, selama awal Januari-Maret 2021 ada 19 orang yang terlibat dalam praktik prostitusi yang berada di Rumah Singgah Dinsos Kota Tangerang.

    Rata-rata PSK masih berusia belasan tahun, didominasi warga luar daerah Kota Tangerang seperti berasal dari Jawa Barat.

    “Mereka memang orang baru (pertama kali berada di Rumah Singgah). Mereka juga di sini tadinya mengontrak. Nah, mereka dipulangkan ke keluarganya kebanyakan ke Jawa Barat,” kata Jajat.

    Jajat melanjutkan, selama berada di Rumah Singgah Dinsos Kota Tangerang, para eks tuna sosial ini diberikan pembinaan sosial terutama keagamaan.

    “Selama di Rumah Singgah sekitar minimal sepekan, mereka kami berikan siraman rohani,” tuturnya.

    Menurut Jajat, siraman rohani diberikan Dinsos Kota Tangerang agar eks PSK tersebut mengalami perubahan mental yang lebih baik lagi.

    “Kami berharap mereka tidak terjun kembali ke praktik prostitusi,” pungkasnya. (Hmi)