IMG-20181226-WA0114
IMG-20181226-WA0116
IMG-20181226-WA0115

    Belasan Senjata Replika Disita TNI

    Belasan senjata replika yang diamankan Kodim Tangerang.

    Belasan Senjata Replika Disita TNI

    TANGERANG – Kodim 0506/Tangerang meyita belasan pucuk senjata campuran, Senin (23/10), di Kampung Baru Cibayana, Desa Cikasungka, Kecamatan Solear. Barang sitaan terdiri dari senjata jenis air softgun dan beberapa pucuk replika. Barang sitaan kodim ini, sebelumnya sempat menghebohkan warga sekitar.

    Bahkan sempat tersiar kabar, bila rumah tempat senjata disimpan menjadi tempat persembunyian teroris. “Ini sekaligus menepis isu tersebut. Sebab di sana sama sekali tidak ditemukan adanya kelompok teroris,” terang Dandim 0506/Tangerang Letkol Inf M Imam Gogor Agnie Aditya, Selasa (24/10).

    Penyitaan yang dilakukan TNI, berdasarkan tindaklanjut dari laporan warga, Minggu (22/10). Pelapor yang merasa cemas, mendatangi Koramil 20/Cisoka sekitar pukul 01.00 WIB. “Kata pelapor, dia melihat seseorang membawa senjata api di dalam mobil,” jelas Gogor.

    Warga juga pernah melihat orang yang sama, menyimpan beberapa senjata di dalam rumahnya. Selanjutnya Danramil 20/Cisoka Kapten Inf Rahmat, memanggil Babinsa Cikasungka Sertu Joko dan Koptu Dayat.

    Berkoordinasi dengan unit intel kodim, pengawasan secara intens pun dilakukan. Karena tidak ada yang bisa dilakukan, pada keesokan harinya TNI berkoordinasi dengan jajaran pemerintahan setempat. Mulai dari RT, RW, kepala dusun dan kepala desa. Sebab rumah tersebut dalam kondisi kosong.

    “Dari luar rumah, petugas melihat beberapa senjata yang dipajang oleh pemiliknya,” ungkap Gogor. Berdasarkan hasil mufakat bersama, akhirnya petugas membuka pintu rumah. Di sana didapati belasan senjata jenis air softgun dan senjata replika.

    Diantaranya yaitu satu senjata replika menyerupai steyr, 1 FN minimi, 2 senjata menyerupai AK serta 2 senjata mirip F16. Serta beberapa replika senapan. Meski rata-rata tidak dirakit dan sudah tidak berfungsi, namaun tetap saja temuan ini mendatangkan kecemasan warga.

    “Senjata yang ditemukan sepintas menyurapai aslinya. Wajar bila warga merasa khawatir,” jelas Gogor. Pemilik bernama Afkoni menurut Gogor, sudah dimintai keterangan. “Yang bersangkutan telah mengklarifikasi ke Polsek Cisoka. Berdasarkan pengakuannya, senjata replika tersebut didapat saat ia bekerja di Bintaro. Sebagai tenaga pindah rumah,” papar Gogor.

    Belum ada sanksi atau jeratan hukum yang dijatuhkan kepada pemilik. “Namun Afkoni telah diminta wajib lapor,” katanya. Gogor mengapresiasi tindakan warga yang telah melaporkan ke aparat setempat. Ini menjadi bukti, bila masyarakat benar-benar peduli terhadap lingkungan. (hdj)

    Print Friendly, PDF & Email
    IMG-20181126-WA0033
    IMG-20181225-WA0244