BEM Unis Sosialisasikan Kampung Hijau di Grenpik Tangerang

    FOTO: Sejumlah mahasiswa Unis Tangerang saat melakukan kerja bakti dan menyemai benih hidroponik di kampung Grenpik Tangerang (dok.ist)

    TANGERANG (BT) – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Islam Syech Yusuf (Unis) Tangerang, melaksanakan kerja bakti bersih lingkungan, sosialisasi kampung hijau dan penyemaian benih hidroponik di kampung Gerendeng Pinggir Kali (Grenpik) RW 04 Kelurahan Gerendeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Minggu (9/2/2020).

    “Hari ini kita kerja bakti, sosialisasi kampung hijau dan penyemaian hidroponik di Grenpik,” kata Rizky Amartya, Ketua Pelaksana Kemasyarakatan BEM FEB Unis Tangerang.

    Dalam kegiatan sosialisasi kampung hijau dan penyemaian benih hidroponik serta kerja bakti ini pihaknya melibatkan sebanyak 28 mahasiswa Unis Tangerang. Mereka sebagian besar berasal dari BEM FEB, namun ada juga beberapa dari fakultas lain.

    Di wilayah RW 04 Kelurahan Gerendeng ini, kata Rizki melanjutkan, para mahasiswa berbaur dengan masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan. Selain itu, ia juga mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan dengan cara penanaman pola hidroponik.

    Sementara itu, Koordinator Menlu BEM FEB Unis Tangerang Achmad Farhan mengaku pihaknya sengaja memilih wilayah RW 04 Kelurahan Gerendeng lantaran lokasi tersebut ada pola berkebun basis kemasyarakatan yakni hodroponik inovasi.

    “Di lingkungan lahan yang ga luas, masyarakat bisa memanfaatkan untuk bertanam sayuran, buah dan beternak ikan. Ini sangat inovatif,” tuturnya.

    Ia berjanji akan terus mengikutsertakan mahasiswa untuk bersama mengembangkan pola berkebun seperti di Grenpik. Menurutnya, pola bertanam yang dilakukan warga Grenpik cukup sederhana, namun memiliki nilai ekonomi.

    “Banyak pesanan dari wilayah lain kepada Grenpik. BEM dan Grenpik membuat hidroponik. Rabu dan Jumat kami ke Grenpik, ke rumah warga memantau tanaman yang sudah diberikan ke masyarakat. Sedangkan kerja bakti kami lakukan se-bulan sekali,” papar Farhan.

    Ketua RT 03 RW 04 Kelurahan Gerendeng, Aries Munandar bersama Ketua RW 04 Sarifudin mengaku selalu memberi semangat kepada masyarakat untuk terus bertanam di Grenpik. Kata dia, dengan banyak tanaman yang dipelihara secara baik, maka lingkungan menjadi hijau dan asri.

    “Kalau lingkungan terlihat hijau, bersih dan asri, pasti yang merasakan kenyamanan adalah warga juga. Alhamdulillah kini lingkungan Grenpik sudah menjadi lingkungan hijau dan asri,” ujar Aries di Grenpik. (Hmi)