Ketua-DPD-Golkar-Kota-Tangerang-Drs-H-Sachrudin-2
PKS-HUT-RI

    Bencana Banjir Masih Hantui Warga Kota Tangerang

    Kondisi banjir di salah satu titik wilayah Kota Tangerang

    TANGERANG – Bencana banjir masih menghantui sebagian warga Kota Tangerang. Hujan lebat pada Sabtu (10/9/2022) mengakibatkan banjir di sejumlah titik wilayah tersebut.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Deni Koeswara mengatakan bahwa pihaknya sejak Sabtu pukul 15.30 sudah melakukan pantauan dan penanganan banjir di sejumlah titik akibat hujan.

    “Awal lima genangan terjadi di Jalan Galeong Margasari sekitar 15cm, Jalan Putri Sima Raya Cibodas 20cm, Jalan MH Thamrin Cikokol 30cm, Moderland 20cm, sekitar Kebon Nanas 20cm, dan banjir terjadi di Komplek Bumi Mas Raya (BMR) Cikokol tertinggi 40cm. Ini data Sabtu pukul 19.00 WIB,” papar Deni, Minggu (11/9/2022).

    Pada Sabtu malam, lanjut Deni, hujan sedang hingga lebat masih mengguyur Kota Tangerang dengan durasi cukup lama. Lima genangan diawal kondisinya sudah surut, karena dilakukan pembersihan drainase yang tersumbat oleh petugas.

    Namun, selain Komplek BMR yang masih tinggi, Fly Over Taman Cibodas juga sempat tergenang 30cm, Komplek Puri Kartika 60cm, Komplek Griya Kencana 20cm dan Ciledug Indah I dengan tinggi 30cm. Komplek Wisma Tajur 30cm, Kampung Gondrong Cipondoh 50cm, Pinang Griya Permai 60cm, Komplek Duren Vila Karang Tengah 60cm, Puri Kartika Baru 30cm, dan Jalan Gempol Raya Kunciran 20cm.

    Atas kondisi ini, tambahnya, Sabtu malam hingga Minggu dini hari lalu lintas dijalan utama sempat tersendat, namun tertangani oleh jajaran Dishub Kota Tangerang. Tidak ada korban jiwa, namun ada tanggul rusak juga di Jalan Merak II RT 06 RW 05 Pinang sekitar pukul 22.10 WIB.

    “Seluruh tim bergerak, jajaran OPD maupun kewilayahan. Mulai dari membantu pergerakan warga dan penyelematan barang-barang, upaya penyedotan di Komplek BMR dan lainnya. Menyiapkan Posko dan Perahu untuk antisipasi, membantu mobilitas warga, dan terus koordinasi dengan sejumlah pintu air. Seperti Katulampa, Batu Beulah, Pasar Baru, PS Angke hingga pihak BMKG,” jelasnya.

    Sebagai informasi, jika masyarakat Kota Tangerang membutuhkan bantuan terkait bencana banjir atau lainnya. BPBD Kota Tangerang memiliki emergency call di 112 dan nomor piket 24 jam di 021-5582144. (Hmi)