Beri Layanan Prima, RSUD Kota Tangerang Laksanakan Sapa Cinta

    TANGERANG – Seorang aparatur sipil negara (ASN), dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat. Menyadari akan hal tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang membuat suatu kegiatan yang dinamakan Sapa CINTA.

    Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. “Harapannya supaya kami mengetahui apa saja harapan dan kebutuhan pasien,” ungkap Direktur RSUD Kota Tangerang Feriyansyah, Senin (5/2).

    20171222_132031 Direktur RSUD Kota Tangerang Feriyansyah.

    Pada kegiatan jemput bola ini, RSUD Kota Tangerang memberikan edukasi yang sederhana. Disampaikan kepada pasien dan keluarga yang sedang menemani. Hal yang dijelaskan adalah seputar program JKN-KIS. Juga perihal pentingnya menjaga kesehatan, melalui upaya pola hidup sehat yang mudah diterapkan sehari-hari.

    “Kami mengunjungi pasien dan keluarga di ruang perawatan. Kemudian menanyakan mengenai kondisi pelayanan yang diberikan oleh petugas,” tutur Feri. Tidak hanya itu, pegawai juga mencoba membantu administasi pasien terkait kepesertaan jaminan pengobatan seperti BPJS atau asuransi lainnya.

    “Komitmen Pemkot Tangerang sangat tinggi terhadap kesehatan warga. Ini dibuktikan dengan telah diluncurkannya program Universal Health Coverage (UHC),” terang Feri. Program tersebut, kini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Supaya bisa terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan yang dibiayai pemkot.

    “Kami berharap, Pelayanan Prima (Excellent Service-red) sesuai dengan arti dari katanya. Pelayanan berarti usaha melayani kebutuhan orang lain atau membantu menyiapkan (mengurus-red) apa yang diperlukan seseorang,” papar Feri. Sedangkan kata prima atau excellent, memiliki makna bermutu tinggi dan memuaskan.

    Memberi pelayanan prima pada pelanggan atau pasien, merupakan tantangan tersendiri bagi pegawai RSUD Kota Tangerang. Seperti diungkapkan Kepala Humas RSUD Kota Tangerang, Romaden Marbun. “Kami pegawai RSUD, paham bila kami bertugas untuk melayani. Bukan untuk dilayani masyarakat. Oleh karena itu, kami menggagas kegiatan Sapa CINTA,” kata Marbun.

    Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan rumah sakit. “Kami juga ingin mengetahui, apa saja harapan dan kebutuhan yang berkembang bagi pelanggan RSUD Kota Tangerang,” ujar Marbun. (ads)