BPBD Kota Tangerang Sigap Tangani Banjir dan Pohon Tumbang

    Petugas BPBD dan Disbupar Kota Tangerang, sedang menangani pohon tumbang yang melintang tengah jalan, Jumat (22/03).

    TANGERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, sigap menghadapi imbas hujan yang melanda wilayah Kota Tangerang sejak Jumat dini hari. Kondisi cuaca tersebut mengakibatkan sejumlah wilayah tergenang. Data update pukul 11.30 WIB, banjir terjadi di beberapa titik dengan ketinggian tertinggi mencapai 50 cm.

    Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan menuturkan, lima titik tergenang itu masing-masing wilayah Kampung Rawa Bokor dengan ketinggian air 50 cm, Jalan Husein Sastra Negara ketinggian 30 cm, Jalan Raya Perancis ketinggian 30 cm, Duta Garden Residence ketinggian 40 cm, dan Kedaung Baru dengan ketinggian 30 cm.

    Selain itu, Jalan Utama Danau Situ Bulakan ketinggian 10 cm dan Kedaung Baru Kecamatan Neglasari dengan ketinggian 10 cm. Sedangkan Jembatan Alamanda Kecamatan Periuk terpantau aman.

    “Petugas sudah dikerahkan ke titik-titik lokasi untuk membantu warga yang membutuhkan penanganan atau bantuan. Kami juga berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, untuk memastikan seluruh drainase dan pompa air dalam kondisi aktif dan berfungsi dengan baik. Sehingga air dapat surut dengan cepat,” ungkap Maryono.

    Dikatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bidang Pertamanan, melakukan penanganan pohon tumbang di Jalan Perum Banjar Wijaya, Kelurahan Poris Plawad dan Kecamatan Cipondoh.

    “Dalam kejadian tersebut, tidak adanya korban jiwa. Hanya saja aktivitas warga cukup terganggu. Hal inilah yang ditangani oleh seluruh petugas gabungan. Seperti pengaturan lalu lintas oleh Dinas Perhubungan (Dishub), drainase, gorong-gorong hingga pompa air PUPR dan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya,” jelas Maryono.

    Menurutnya, penanganan difokuskan pada penyedotan genangan dan membantu mobilitas warga. Selebihnya berkoordinasi dan melakukan monitoring titik rawan genangan dan banjir. Dikatakan, bila cuaca cerah dalam waktu sebentar saja, maka semua kondisi wilayah di Kota Tangerang akan kembali normal.

    Berdasarkan hasil pantauan tambah Maryono, Bendungan Katulampa dalam kondisi normal 36 cm, Bendungan Batu Beulah kondisi normal tengah 2.28 meter, Bendungan Pasar Baru normal 10.57 meter, Pasar Angke Hulu Siaga Tiga 208 cm. Sedangkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  (BMKG), masih berpotensi terjadi hujan ringan hingga siang hari.

    “Masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan bantuan terkait bencana dan kejadian kegawatdaruratan, BPBD Kota Tangerang memiliki layanan emergency di call center 112 dan nomor piket BPBD 24 jam di 021-5582-144,” tukas Maryono. (*/tam)