BTN Klarifikasi Terkait Demo Warga di Tangerang

    dok: btn.co.id

    TANGERANG – Melalui keterangan tertulis pihak Bank Tabungan Negara (BTN) memberi tanggapannya terkait aksi sekelompok warga Perumahan Nuansa Mekarsari I dan II Rajeg, Kabupaten Tangerang, yang menuntut penerbitan sertifikat rumah.

    Corporate Secretary PT BTN (Persero) Tbk Achmad Chaerul menyampaikan bahwa saat ini pihaknya masih mencari solusi untuk penyelesaian masalah penerbitan sertifikat yang dituntut 165 orang debitur pembeli rumah Perumahan Nuansa Mekarsari.

    Kata Chaerul, Perumahan Nuansa Mekarsari dibangun oleh Developer PT Nuansa Graha Cipta (NGC) dengan jumlah realisasi unit KPR yang dibiayai sebanyak 1.327 debitur.

    “Sebanyak 1.207 unit rumah telah diterbitkan sertifikatnya dan sisa yang belum terbit sertifikatnya sebanyak 165 unit,” terangnya, Sabtu (4/2/2023).

    Achmad Chaerul menerangkan, permasalahan penyelesaian penerbitan sertifikat terkendala disebabkan pihak developer NGC dilikuidasi.

    “Setelah dilikuidasi NGC tidak kooperatif dan sulit dihubungi,” tukasnya.

    Chaerul melanjutkan, Bank BTN telah berupaya untuk mencari ataupun melacak keberadaan developer untuk minta pertanggung jawaban penyelesaian sertifikat yang belum terbit sebanyak 165 debitur.

    “Bank BTN sudah melakukan mediasi dan mencari solusi di antaranya dengan mencapai kesepakatan menggunakan pihak ketiga untuk membantu penyelesaian sertifikat,” ujarnya.

    “Bank BTN juga bersedia membantu sebagian biaya penyelesaian sertifikat,” imbuhnya.

    Ia berharap, penyelesaian sertifikat terhadap 165 unit rumah bisa segera tercapai. Pihaknya juga meminta, para debitur untuk bisa bersabar.

    “Kiranya para debitur untuk bisa bekerjasama dan bersabar dalam proses penyelesaian sertifikat tersebut,” pungkasnya. (Hmi)