Canggih, Masjid Raya Al-Azhom Pasang Alat Pendeteksi Covid-19

    FOTO: Dokter CCTV bersama pengurus masjid tengah mempersiapkan alat pendeteksi

    TANGERANG – Pengurus Masjid Raya Al Azhom Kota Tangerang, maksimalkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan masjid. Hal itu menyusul peningkatan angka kasus Covid-19 di Kota Tangerang.

    Diketahui, Kota Tangerang saat ini kembali berstatus zona merah setelah lonjakan kasus positif di Kota Tangerang mencapai 206 jiwa sepekan terakhir, berdasarkan data yang dilaporkan Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

    Oleh sebab itu, Masjid Raya Al Azhom memaksimalkan penerapan protokol kesehatan dengan alat mendeteksi suhu tubuh untuk para jemaah yang hendak beribadah, juga disertai alat teknologi canggih Thermal CCTV.

    “Dua alat untuk mengukur suhu tubuh para jemaah masjid Raya Al Azhom menggunakan alat yang canggih yaitu Thermal CCTV,” ujar Rofiki salah satu pengurus Masjid Raya Al Azhom saat dimintai keterangan di lokasi, Kamis (3/12/2020).

    Rofiki menjelaskan, alat pengukur suhu tubuh tersebut akan ditempatkan pada pintu utama memasuki masjid. Kendati sebelumnya masih tetap menggunakan alat manual Thermalgun.

    Pemasangan alat tersebut bekerjasama langsung dengan pihak ketiga yaitu Dokter CCTV, yang rela memberikan bantuan atas pengukuran suhu tubuh para jemaah yang mencapai ratusan yang telah dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

    “Tentunya kita berharap alat ini untuk mendeteksi Covid-19, lebih akurat dan lebih praktis. Karena sebelumnya masih cara manual,” katanya.

    Sementara itu, Owner Dokter CCTV Medy Yanuar Irawan mengatakan, pemasangan Thermal CCTV untuk jemaah masjid kebanggaan warga Kota Tangerang itu bermula saat dirinya hendak sholat. Namun masih pengukuran suhu tubuh menggunakan Thermalgun secara manual.

    “Hal itulah mendasari saya untuk membantu pemasangan alat pengukur suhu tubuh menggunakan Thermal CCTV. Hari ini ada dua yang kita pasang, namun untuk minggu depan satu lagi Thermal CCTV yang pintu,” terangnya.

    “Kita lihat perkembangan saja, kemungkinan besar nanti akan kita tambah,” imbuhnya.

    Alat tersebut akan ditempatkan selama pandemi Covid-19. Kendati peminjaman Thermal CCTV itu secara sukarela tanpa imbalan apapun. Alat ini dapat menangkap suhu tubuh dan sekaligus para jemaah yang melintasi pintu masuk yang berjarak sekitar 5 meter.

    Kata Medy, ada sebanyak 12 orang petugas yang memasang CCTV dan dibantu oleh pengurus Masjid Raya Al Azhom untuk mengawasi suhu tubuh para jemaah.

    “Ini yang pertama kita pasang di Kota Tangerang yaitu di Masjid Raya Al Azhom, semoga ini bermanfaat,” tandasnya. (Hmi)