IMG-20181226-WA0114
IMG-20181226-WA0116
IMG-20181226-WA0115

    DPRD Perjuangkan Usulan Pembangunan Universitas Negeri

    Wakil Ketua II DPRD Kota Tangerang Pontjo Prayogo (tengah), pada kegiatan Reses Ketiga TA 2018, di wilayah Kelurahan Karawaci Baru, beberapa waktu lalu.

    TANGERANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, akan memperjuangkan keinginan warga tentang usulan pembangunan universitas negeri di Kota Tangerang. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kota Tangerang Pontjo Prayogo. 

    Aspirasi warga soal keberadaan perguruan tinggi negeri tersebut menurut Pontjo, akan ia kawal bersama anggota dewan yang lain. “Beberapa waktu lalu saat saya menggelar kegiatan Reses Ketiga Tahun Anggaran 2018, di RW 09 Kelurahan Karawaci Baru, ada seorang ibu yang mengusulkan supaya pemkot membangun perguruan tinggi negeri,” kata Pontjo. 

    Keinginan warga tersebut menurutnya, cukup beralasan. Sebab setiap tahunnya, jumlah lulusan SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Kota Tangerang sangat banyak. 

    “Cukup disayangkan apabila kota ini belum ada perguruan tinggi negeri. Selain jumlah lulusan sekolah menengah yang cukup tinggi, rata-rata masyarakat menginginkan anaknya dapat mengenyam pendidikan di universitas negeri dengan biaya terjangkau dan jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah,” terang Pontjo. 

    Terlebih di Provinsi Banten, baru terdapat satu perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Tirtayasa (Untirta) yang beralamat di Kota Serang. “Padahal di Banten ini, sudah layak terdapat 2 atau 3 universitas negeri,” imbuh Pontjo.

    Agar bisa mewujudkan perguruan tinggi yang dikelola pemerintah, pada November lalu DPRD mengusulkan agar pemkot segera merencanakan pembangunannya. “Seluruh anggota dewan yang ikut rapat setuju, apabila di Kota Tangerang ada universitas negeri,” tutur politisi Partai Gerindra ini. 

    Ia berharap pada 2020 nanti, rencana pembangunannya sudah matang. Termasuk anggaran untuk pembiayaannya. “Tahun depan, kami meminta pemkot untuk mengkaji pembangunan perguruan tinggi negeri,” tutur wakil rakyat yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (Gerindra) Kota Tangerang ini. 

    Ditanya soal tempat yang tepat sebagai lokasi perguruan tinggi negeri Kota Tangerang, Pontjo menyebut bila lahan fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) di Alam Sutera sangat strategis dan cukup memadai.

    “Di sana pemkot punya tanah fasos fasum seluas kurang lebih 10 hektar. Meski awalnya lahan itu direncanakan untuk Sports Centre, namun kami menilai akan lebih bermanfaat bila dibangun untuk kepentingan pendidikan. Sebab kita masih punya Stadion Benteng yang sebentar lagi akan menjadi aset pemkot,” tandas Pontjo. (tam)

    Print Friendly, PDF & Email
    IMG-20181126-WA0033
    IMG-20181225-WA0244