FGD KPU Kota Tangerang Usung Tema Menyongsong Pemilu 2024

    TANGERANG – Forum Group Discussion (FGD) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang usung tema “Menyongsong Pemilu 2024”. Adapun kegiatan berlangsung di salah satu rumah makan wilayah Neglasari, Kota Tangerang.

    Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2022 sudah terbit. Pada 31 Juni, pengumuman pembukaan partai politik (parpol) dibuka mulai 1 hingga 7 Agustus 2022.

    Pihaknya pun meminta semua elemen masyarakat untuk ikut aktif mendukung penyelenggaraan pemilu karena KPU sebagai penyelenggara tidak bisa bekerja sendiri. Syailendra optimis jajarannya dapat bekerja maksimal dengan lebih dulu melakukan konsolidasi internal.

    “Jadi baiknya demokrasi bukan hanya KPU tapi teman-teman media, masyarakat, LSM dan masyarakat pemilu,” katanya.

    Ditanya soal data pemilih, pria yang akrab disapa Indra ini mengaku tengah melakukan pemutakhiran data sejak 2019 lalu.

    “Daftar pemuktahiran data berkelanjutan sampai saat ini kalau tidak salah dapat update 1.170.000 sekian itu update terus,” jelasnya.

    Sementara Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim menuturkan, jika penyelenggara pemilu rusak, maka rusak juga Pemilu itu. Maka dari itu, amat diperlukan pengawasan bersama dari pihak-pihak terkait.

    Guna menyerap persoalan dalam Pemilu, Bawaslu pun sudah melakukan road show ke sejumlah parpol yang ada serta mendata berbagai persoalan dari penyelenggaraan sebelumnya untuk kemudian ditemukan solusinya. Salah satunya juga melakukan kordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri.

    “Ya, setiap kali tahapan pemilu kita memang selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait apalagi kejaksaan negeri itu kan pengacara negara,” kata Agus.

    “Kita bahkan waktu 2018 itu ada MOU Kejaksaan, nanti kita pasti akan berkoordinasi terkait hal fatwa-fatwa hukum terkait tahapan yang akan berlangsung,” imbuhnya. (Hmi)