HUT-Kota-Tangerang-PKB.jpg

    Harga Spesial HUT di Tangerang Book Festival

    FOTO: Sejumlah pengunjung dari kalangan mahasiswa dan pelajar SMA di pameran buku

    TANGERANG (BT) – Ratusan judul buku dari puluhan penerbit dipamerkan dalam pergelaran festival buku yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, di Icon Walk, Cimone, Selasa (18/2/2020).

    Acara yang berlangsung selama empat hari kedepan ini merupakan rangkaian menyambut HUT ke-27 Kota Tangerang. Pameran buku ini bertujuan untuk mendongkrak minat baca masyarakat khususnya para siswa di Kota Tangerang.

    Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan DPAD Kota Tangerang Endang Purwaningsih menerangkan, sepanjang 2019 Perpustakaan Daerah hanya dikunjungi 178 orang dari target 129 ribu pengunjung. Meski melampaui target, kata Endang, Pemkot Tangerang melalui DPAD ingin gerakan literasi ini memasyarakat.

    “Ini dalam rangka menyambut ulang tahun kota Tangerang ke-27, kami punya tujuan meningkatkan minat baca di lingkungan sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum,” ujarnya, kepada Beritatangerang.id, Selasa (18/2/2020).

    Ia juga mengungkapkan, dalam rangkaian menyambut HUT Kota Tangerang ini DPAD menggelar berbagai macam kegiatan. Selain pameran dan bedah buku di hari pertama yang dihadiri pemerhati anak yakni Seto Mulyadi, menurut Endang, DPAD juga melombakan baca cepat dan bercerita.

    Endang mengaku telah menyurati pejabat Dinas Pendidikan agar mengajak siswanya berkunjung ke pameran tersebut. Ia mengklaim pameran ini bakal dikunjungi 300 pelajar setiap harinya. Beragam buku yang dijajakan di pameran ini terbilang terjangkau. Buku seharga Rp5 ribu hingga ratusan ribu tersedia. Ia juga menyebut harga yang ditawarkan penerbit di pameran ini lebih murah dari harga distributor.

    “Banyak diskon, saya minta ke penerbit dalam rangka HUT kota. Karena harga dari penerbit, bukan distributor. Malah ada yang 5 ribu, juga 10 ribu,” tukasnya.

    Sebelumnya Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi wakilnya Sachrudin mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Tangerang untuk hadir dan mengikuti Tangerang Book Festival yang berlangsung mulai dari 18-21 Februari 2020.

    “Dari kegiatan ini, semoga menjadi langkah kecil bagi kita untuk sama-sama mewujudkan Kota Tangerang Cerdas dengan masyarakat yang gemar membaca,” ujar Arief saat membuka acara.

    Arief berharap seluruh masyarakat Kota Tangerang dapat menggelorakan semangat membaca dengan mengikuti bedah buku yang menjadi satu rangkaian kegiatan tersebut. (Hmi)