Komunitas Hawariy Tangerang Adakan Tarhib Ramadan, Ajak Pemuda Peduli Agama

    Susana kegiatan Tarhib Ramadan

    TANGERANG – Komunitas Hawariy berkolaborasi dengan Sinergi Komunitas Tangerang mengadakan Tarhib Ramadan dan Bakti Sosial di Masjid Jami Al Ikhlas Perumahan Angkasa Pura II, Neglasari, Kota Tangerang, Minggu (3/3/2024).

    Diikuti puluhan jamaah dari kalangan muda maupun orang tua, Tarhib Ramadan ini diisi oleh Pembina Hawariy yakni Haji Arief Syarifuddin Amindar dengan tema “Apa Arti Ramadan Buatmu”. Selain itu, acara juga diiringi dengan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan 1445 Hijriyah.

    Adapun susunan dalam kegiatan di antaranya; Tausiyah bekal ramadan, cek kesehatan gratis, pengobatan gratis Tibbun Nabawi, Coffe Break, Doorprize, e-sertifikat, dan terakhir bersih-bersih masjid.

    “Alhamdulillah intinya kegiatan ini adalah kegiatan Komunitas Hawariy yang sebagaimana diketahui bahwa komunitas Hawariy adalah komunitas pemuda islam di Kota Tangerang. Dan kebetulan hari ini kita berkolaborasi dengan komunitas komunitas yang ada di Tangerang dari berbagai latarbelakang,” ujar Mualim Yusuf, Ketua Komunitas Hawariy Kota Tangerang.

    “Untuk kegiatan Tarhib Ramadan di sini kita ingin mengetahui seberapa besar persiapan maupun bekal kita menyambut ramadan 1445 hijriyah, khususnya bagi anak-anak muda,” imbuhnya.

    Selain Tarhib Ramadan, lanjut Mualim, pihaknya juga mengadakan bakti sosial untuk para jamaah secara umum, mulai dari cek kesehatan gratis, pengobatan ala nabi, dan bersih-bersih masjid. Tujuannya sambung Mualim, agar para pemuda lebih peduli terhadap agama dan lingkungan sekitarnya, sehingga lebih siap menghadapi tantangan maupun rintangan pada ramadan 2024 ini.

    “Kita ingin anak-anak muda lebih peduli terhadap agamanya, dan antusias menyambut ramadan, serta menjaga ukhuwah islamiyah,” katanya.

    Sementara Ketua DKM Jami Al Ikhlas, Neglasari, Kota Tangerang, Andika Nuryaman mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Hawariy dan Sinergi Komunitas Tangerang di wilayahnya. Andika berharap kegiatan Tarhib Ramadan ini mampu menggelorakan semangat remaja khususnya remaja Masjid Jami Al Ikhlas untuk kembali aktif melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan di Bulan Suci Ramadan tahun ini.

    “Saya berharap anak-anak muda di sini kembali aktif. Sebagai DKM kita akan terus mensupport supaya kegiatan keagamaan di Masjid Al Ikhlas ini hidup kembali,” ucapnya.

    Diketahui, dalam menyambut ramadan Masjid Jami Al Ikhlas biasanya mengadakan berbagai kegiatan seperti Pawai Obor, dan bersih-bersih. Pada Ramadan 1445 Hijriyah ini, pihak DKM juga berharap akan terlaksana kegiatan-kegiatan seperti ramadan di tahun sebelumnya.

    “Semoga semua tergerak terutama anak-anak muda di sini untuk kembali aktif. Karena insyaallah kita akan menyambut ramadan dengan kegiatan pawai obor. Dan di sini kita sangat membutuhkan anak-anak muda. Makanya saya sangat berterimakasih dengan kegiatan yang diinisiasi teman-teman dari Komunitas Hawariy. Semoga ini menjadi berkah bagi kita semua,” tandasnya. (Hmi)