Pemkot Tangsel Terima Hibah TPU di Pagedangan dan Cisauk

    Bupati Tangerang Ahmed Zaky Iskandar (ketiga dari kiri) bersama Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie (keempat dari kanan)

    TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menerima hibah aset berupa Tempat Pemakaman Umum (TPU) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Selasa (14/2/2023.

    Hibah tanah ini secara langsung diserahkan oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaky Iskandar kepada Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie di Pendopo Bupati Tangerang.

    Adapun hibah dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah dan juga Perda Kabupaten Tangerang No 12 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

    Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, penyerahan hibah aset TPU tentu sangat bermanfaat bagi warga Tangerang Selatan.

    “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada bapak Bupati, karena telah berkenan menyerahkan aset berupa tanah yang diperuntukkan sebagai TPU,” ucap Ben.

    Aset tersebut berupa tanah TPU Kadussirung di Kecamatan Pagedangan, dan TPU Mekarsari di Kecamatan Cisauk.

    “Setelah melalui proses bersama Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan disimpulkan bahwa lahan TPU ini merupakan kewajiban PT. Bumi Serpong Damai Tbk atas pembangunan perumahan di Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan,” ujarnya.

    Dengan tanah hibah yang diberikan oleh Pemkab Tangerang ini, Benyamin menegaskan bahwa hal tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kota Tangsel terhadap ketersediaan lahan pemakaman umum.

    “Pertumbuhan penduduk di Tangerang Selatan cukup tinggi dengan laju pertambahan penduduk 3,4% sehingga kebutuhan lahan pemakaman umum menjadi hal yang mendesak,” katanya.

    “Kami juga menyiapkan lahan 20 hektar di Sari Mulya saat ini mulai clearing dan bangun bertahap,” imbuhnya.

    Sementara Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyampaikan pemindahtanganan aset daerah dengan cara hibah ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi Kota Tangerang Selatan.

    “Saya berharap bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan ini adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat luar biasa,” ujarnya.

    “Apalagi perkembangan populasi baik di Kabupaten Tangerang maupun Kota Tangerang Selatan tentu sangat tinggi dan didominasi oleh penduduk urban sehingga banyak kebutuhan pemakaman umum,” tandasnya. (Hms)