Persiapan Paskibraka Kota Tangerang Kian Mantap Jelang HUT RI

    Persiapan pengibaran bendera merah putih jelang HUT RI oleh tim 45 bersama Paskibraka Kota Tangerang

    TANGERANG – Persiapan untuk pelaksanaan upacara bendera pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia terus dilakukan. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kota Tangerang pun saat ini terus mematangkan persiapan tersebut.

    Salah satu tim SDM Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tangerang, Syifa Sakinah mengatakan, sebanyak 50 pelajar Kota Tangerang yang lulus seleksi sebagai tim Paskibraka Kota Tangerang Tahun 2022 ini tengah mematangkan persiapan.

    “Mereka terdiri dari 26 Putri dan 24 Putra pelajar dari tingkat SMP dan SMA se-Kota Tangerang,” ungkap Syifa, kepada Beritatangerang.id, Selasa (9/8/2022).

    Menurut Syifa, tim Paskibraka Kota Tangerang ini digembleng oleh pasukan 45 dari Arhanud 01 Kostrad Serpong, Tangerang Selatan, sejak 8 Agustus hingga 16 Agustus 2022 nanti.

    “Mereka latihan sejak pagi hingga sore hari di Lapangan Ahmad Yani ini,” kata Syifa, saat ditemui di lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang.

    Lanjut Syifa, penyeleksian paskibraka sudah dilangsungkan pada bulan Mei lalu yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kota Tangerang bekerjasama dengan PPI Kota Tangerang.

    Pelajar yang mengikuti penyeleksian paskibraka itu harus berbadan sehat, mengikuti ekstrakurikuler persatuan baris berbaris (PBB), dan memiliki keterampilan. Selain itu, pihaknya juga melakukan tes kesehatan bagi calon paskibraka yang dipusatkan di RSU Kota Tangerang.

    “Seperti tahun-tahun sebelumnya yang lolos hanya 50 pelajar dari tingkat SMP dan SMA se-Kota Tangerang,” imbuhnya.

    Dia menyebutkan, di Tahun 2022 ini calon pembawa baki siswi dari SMAN 11 Kota Tangerang dan SMA Yuppentek Kota Tangerang.

    “Ini belum final, tapi memang dua siswi yang kami persiapkan yaitu Salwa dari SMAN 11 Kota Tangerang dan Zaskia dari SMA Yuppentek,” kata Syifa mantan paskibraka tingkat Provinsi Banten Tahun 2012 utusan Kota Tangerang.

    Dikatakan Syifa, tahun 2022 ini 10 pelajar Kota Tangerang yakni masing-masing 5 siswa dan 5 siswi yang tergabung dalam paskibraka Kota Tangerang bakal mengikuti pelaksanaan upacara pengibaran bendera pusaka di Provinsi Banten pada hari kemerdekaan RI ke-77 pada 17 Agustus nanti.

    “Tahun ini kami mengutus 10 pelajar yang diminta Provinsi Banten untuk pelaksanaan upacara pengibaran bendera nanti di sana,” terang Syifa.

    Ia menambahkan, latihan saat ini penyelarasan dengan tim pasukan 45 dari Arhanud 01 Kostrad Serpong. Persiapan-persiapan penunjang pelaksanaan latihan paskibraka ini terus dimatangkan salah satunya pembentukan mental dan fisik para pelajar petugas pengibar bendera yang sampai saat ini terus digenjot, agar pada saat pelaksanaannya nanti berjalan sesuai yang direncanakan. Dia berharap sampai pelaksanaan nanti dapat menampilkan yang terbaik.

    “Semua persiapan terus kami matangkan sehingga nanti dalam pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih oleh pelajar petugas paskibra berjalan sesuai yang direncanakan dan diharapkan,” pungkasnya. (Hmi)