Puluhan Mahasiswa STISIP Yuppentek Diterjunkan Bantu Warga Benda

    Sekcam Benda Riswan Setyo (kiri), pada acara pelepasan KKL mahasiswa STISIP Yuppentek.

    TANGERANG – Sebanyak 99 mahasiswa semester VI Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Yuppentek Tangerang  diterjunkan untuk membantu masyarakat di wilayah Kecamatan Benda.

    Kegiatan yang dilakukan para mahasiswa tersebut berkaitan dengan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 2021 yang digelar mulai 22 September – 21 Oktober. KKL tahun ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19 Berbasis Ekonomi Makro”.

    Wakil Ketua I STISIP Yuppentek, Rahmat Gustiana menjelaskan, KKL merupakan bentuk penerapan Tri Dharma perguruan tinggi diluar lingkungan kampus. Masing-masing pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.    

    “Setelah mendapat bekal pendidikan, kini saatnya bagi para mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat,” tutur Rahmat, Rabu (22/9).

    Suasana pelepasan KKL Mahasiswa STISIP Yuppentek di aula Kecamatan Benda, Rabu (22/9).

    Ia menambahkan, mahasiswa mahasiswa dituntut untuk menerapkan ilmunya tidak hanya teori saja, tapi juga mempraktekannya langsung ke tengah masyarakat.

    “Selain pendidikan sesuai program, mereka sebelumnya telah kami bekali teknik pendekatan kepada masyarakat. Diharapkan hal ini bisa membuat mahasiswa menjadi lebih dewasa dan menguasai lapangan,” jelas Rahmat.

    Sedangkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LPPM) STISIP Yuppentek, Wawanudin mengatakan, para mahasiswa yang mengikuti KKL tersebut akan ditugaskan untuk membantu masyarakat di 5 kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Benda.

    “Sebanyak 20 mahasiswa akan ditempatkan dimasing-masing kelurahan. Kemudian mereka akan dibagi lagi menjadi kelompok kecil,” kata Wawan.

     Ia menjelaskan, para mahasiswa difokuskan untuk mendorong pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan perekonomian warga.

    “Disana mereka melakukan pendampingan dan pelatihan serta mempelajari apa saja kebutuhan masyarakat selaku pelaku ekonomi mikro,” terang Wawan.

    Sedangkan Sekretaris Kecamatan Benda, Riswan Setyo berharap, kegiatan mahasiswa STISIP Yuppentek mampu mengedukasi dan memberi inspirasi bagi masyarakat dalam menghadapi krisis dimasa pandemi ini.  

    “Semoga rekan-rekan mahasiswa ini bisa memberi pelatihan yang bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat sesuai tema yang diusung,” ungkap Riswan.

    Sebab menurutnya, dimasa pandemi ini tidak sedikit warga yang di PHK atau dirumahkan dari pekerjaannya. “Semoga program yang dibawa mahasiswa itu nantinya bisa memotivasi dan menginspirasi masyarakat,” tukas Riswan. (tam)