BPJS Ketenagakerjaan Terus Lakukan Sosialisasi dan Edukasi

    Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tangerang Cikokol, Mulyana (kanan), secara simbolis menyerahkan santunan dan beasiswa kepada ahli waris, Rabu (14/2), pada kegiatan sosialisasi dan edukasi di pasar Anyar. Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati (dua kanan), turut mendampingi penyerahan santunan.

    TANGERANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tangerang Cikokol, melakukan sosialisasi dan edukasi program serta penyerahan kartu peserta, Rabu (14/2), di pasar Anyar, Kota Tangerang.

    Tujuan kegiatan tersebut adalah menyosialisasikan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), kepada para pekerja informal. Khususnya para pedagang maupun pekerja yang beraktivitas di pasar tradisional itu.

    Hadir dalam acara tersebut, Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati. Didampingi 7 orang kepala pasar di lingkungan PD Pasar. “Kegiatan ini merupakan strategi BPJS Kenagakerjaan, guna memberikan edukasi terkait program BPJS Ketenagakerjaan. Terutama untuk para pekerja sektor informal atau bukan penerima upah (BPU),” ungkap Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol, Mulyana.

    Dikatakan, sasaran yang dibidik dari tenaga kerja informal yaitu para pedagang, tukang ojek dan juru parkir. Juga kepada masyarakat yang kesehariannya melakukan aktivitas di pasar Anyar.

    Bila dibandingkan dengan tenaga kerja penerima upah (formal-red), jumlah tenaga kerja informal angkanya jauh lebih besar. Namun sayangnya, masih sangat minim pekerja bukan penerima upah yang mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

    “Banyak masyarakat atau pekerja Informal yang tidak mengetahui dan belum sadar tentang program BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Mulyana. Dengan diselenggarakannya sosialisasi di pasar Anyar, diharapkan mampu memberikan gambaran informasi dan wawasan. Tentang fungsi dan bagaimana caranya agar bisa ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

    Pada sosialisasi itu, para pedagang yang ingin menjadi peserta bisa langsung mendatangi mobil layanan keliling BPJS Ketenagakerjaan. Hanya dengan membayar iuran sebesar Rp16.800 setiap bulannya, pekerja sudah mendapatkan perlindungan JKK dengan santunan minimal Rp55,8 juta dan jaminan kematian dengan santunan sebesar Rp24 Juta.

    Pada kesempatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tangerang Cikokol memberikan santunan kematian kepada ahli waris almarhum Mulyadi dan beasiswa bagi anaknya secara simbolis. Nilainya mencapai Rp78.937.040.

    “Ke depan kami akan rutin melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat pekerja informal. Setelah pasar ini, kami akan melakukan sosialisasi ke pasar lainnya,” terang Mulyana. Sedangkan Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati mengaku sangat bersyukur. Sebab BPJS Ketenagakerjaan dapat melindungi pedagang diwilayah kerjanya.

    “Kami berharap, seluruh pedagang di Kota Tangerang mau mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk meminimalisir terjadinya resiko sosial,” kata Titin. (tam)