OPD Diminta Optimalkan Serapan Anggaran

    Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Pontjo Prayogo (tengah), bersama Calon Wakil Presiden RI Nomor Urut 02 Sandiaga Uno (kanan), saat santap siang di Taman Laksa, Jalan M Yamin, Tangerang beberapa waktu lalu.

    TANGERANG – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dituntut untuk bekerja secara optimal. Termasuk memaksimalkan penyerapan anggaran guna mewujudkan program kerja yang telah ditetapkan.

    Meski pada kenyataannya, masih terdapat beberapa OPD yang belum bisa menyerap anggaran yang ada. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor. Diantaranya karena terbatasnya waktu pengerjaan atau atau gagal lelang.

    Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Pontjo Prayogo, Kamus (15/11). Untuk penyelesaian proyek yang bersifat penunjukan langsung (PL) kata Pontjo, hampir dipastikan tidak menemukan kendala.

    Namun saat proyek tersebut cukup besar dan perlu ditenderkan, permasalahan itu baru muncul. Salah satunya faktor gagal lelang. “Belum lama ini kami mendapat informasi, bila ada OPD yang proyeknya mengalami gagal lelang,” kata Pontjo.

    Karena tidak terserap, maka anggaran yang tidak terpakai tadi akan dimasukan keembali pada anggaran murni 2019. “Untuk menghindari tidak terserapnya anggaran, kami sering mengingatkan supaya OPD matang dalam merencanakan anggaran,” tutur Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kota Tangerang ini.

    Bahkan ketika anggaran sudah diusulkan tambah Pontjo, tidak jarang anggaran yang diajukan itu dipertanyakan kembali. “Kami menanyakan, apakah benar bisa direalisasikan dan diserap dana tersebut. Kemudian OPD tersebut bisa meyakinkan. Makanya kami setujui. Apalagi program itu dipergunakan untuk kepentingan masyarakat, ” terang Pontjo.

    Ia berharap kepada OPD, agar lebih maksimal dalam menjalankan kinerjanya. Juga efektif dalam menggunakan APBD. Semoga anggaran yang sudah dicantumkan, dapat diserap sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat,” tandas Pontjo. (tam)