Pemkot Raih Penghargaan Kota dengan Kinerja Pemerintahan Terbaik

    Dari kiri, Asda I Kota Tangerang Ivan Yudhianto, PJs Walikota Tangerang M Yusuf dan Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri. Berpose usai menerima penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja pemeritahan terbaik.

    TANGERANG – Pemerintah kota Tangerang kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini pemkot menyandang predikat sebagai pemerintah daerah dengan kinerja terbaik. Dinilai dari Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2017. Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2016 yang disampaikan oleh para kepala daerah.

    Atas penilaian tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menetapkan 3 (tiga) Provinsi, 10 (sepuluh) Kabupaten dan 10 (sepuluh) Kota berprestasi kinerja tertinggi secara nasional. Kota Tangerang termasuk satu di antaranya.

    Sebagai informasi, EKPPD LPPD merupakan suatu penilaian yang dilakukan secara menyeluruh terhadap kinerja pemerintah daerah. Mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi setta pertanggung jawaban program pemerintah daerah. EKPPD sendiri dilakukan untuk menilai kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, dalam upaya peningkatan kinerja berdasarkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.

    Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Soemarsono mengatakan, setiap tahunnya Kemendagri bersama kementerian/lembaga terkait melakukan EKPPD terhadap kinerja pemerintahan daerah. Mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

    “Pada tahun ini, dilakukan penilaian LPPD tahun 2016 terhadap 523 daerah otonomi. Masing-masing 34 provinsi, 397 kabupaten dan 93 kota se-Indonesia,” kata Soemarsono, pada acara puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4).

    Ia menambahkan, kriteria pemilihan daerah terbaik didasarkan pada hasil kunjungan lapangan yang dilaksanakan oleh Kemendagri. Dengan melihat inovasi pelayanan publik. Khususnya pada bidang pelayanan dasar, tingkat konsistensi dan efektivitas, serta tigkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik yang diberikan.

    “Total ada 700 indikator dalam penilaian. Mengikutsertakan berbagai kementerian dan lembaga terkait dalam proses penilaian kinerja pemerintah daerah,” ungkapnya.

    Sementara itu Pejabat Sementara (PJs) Walikota Tangerang, M Yusuf pada acara tersebut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh unsur Pemkot Tangerang, atas dedikasi dan kerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

    “Apa yang sudah diraih, harus bisa dijadikan motivasi bagi birokrat di Kota Tangerang untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada warganya,” tutur Yusuf.

    Untuk diketahui, Kota Tangerang bersanding dengan sejumlah kota dan kabupaten lain di Indonesia, yang menerima predikat sebagai pemerintah daerah yang berprestasi dalam hal kinerja terbaik tahun 2018. (hms)