PJs Walikota Sampaikan Pentingnya Nilai Protokoler

    PJs Walikota Tangerang M Yusuf (kiri), saat membuka diklat protokoler.

    TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), menggelar diklat keprotokolan di lingkungan pemerintah kota Tangerang. Kegiatan berlangsung selama 4 hari. Mulai 24 – 27 April 2018. Acara diikuti oleh 40 Aparatur Sipil Negara (ASN).

    Pejabat Sementara (PJs) Wali Kota Tangerang, M Yusuf mengatakan, tugas keprotokolan menjadi suatu unsur yang penting dalam sebuah acara. Yang diselenggerakan oleh instansi atau pemerintah dan dihadiri oleh pejabat daerah atau kementerian.

    “Dalam menjalankan tugasnya, petugas protokol harus bekerja sesuai SOP. Namun jangan terkesan kaku dan harus bisa menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapngan,” kata Yusuf, saat membuka kegiatan diklat keprotokolan di hotel Ara, Serpong, Kabupaten Tangerang, Selasa (24/4).

    Melihat sisi strategis protokoler dalam sebuah kegiatan pemerintahan, pemkot memandang perlu adanya peningkatan keterampilan mengenai tugas keprotokoleran. Untuk membentuk petugas yang terampil dalam mengelola sebuah kegiatan di lingkungan Pemkot Tangerang.

    “Protokoler yang profesional, akan memberi kontribusi besar dalam suksesnya acara – acara yang diadakan di lingkungan Pemkot Tangerang. Sebab di dalam keprotokoleran, diatur bagaimana cara menghormati pejabat negara yang hadir dalam sebuah acara,” terang Yusuf.

    Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Lutfi baihaqi, yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan diklat keprotokoleran ini merupakan implementasi dari nota kesepahaman antara Pemkot Tangerang dengan kantor bahasa Banten yang telah disepakati beberapa waktu yang lalu.

    “Selain keprotokoleran, di diklat ini juga akan disampaikan tentang bagaimana bisa berkomunikasi yang efektif dan penggunaan bahasa indonesia yang baik sesuai kaidah yang berlaku,” ujar Lutfi. (hms)