Perumdam-TKR

    Pemprov Banten Siapkan Jaring Pengaman Sosial Akibat Dampak Covid-19

    Gubernur Banten Wahidin Halim, pada teleconference bersama Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri dan para gubernur se-Jawa, Kamis (2/4).

    BANTEN – Penekanan pemerintah pusat agar memberikan perhatian terhadap warga yang terdampak Covid-19, ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Banten. Jaring pengaman sosial guna membantu masyarakat terdampak, sedang diestimasi oleh Pemprov Banten.

    Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menjelaskan, sudah melakukan simulasi dan mencoba menghitung anggaran yang dibutuhkan guna membantu masyarakat yang terdampak akibat Covid-19.

    “Di Banten terdapat sekitar 16.730 industri. Mulai dari skala besar, menengah, dan kecil. Setidaknya 40 persen dari 11 juta penduduk Banten terkena dampak ekonomi akibat Covid-19,” terang WH, dalam teleconference Rapat Terbatas Antisipasi Mudik yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju, beserta para pejabat setingkat menteri dan gubernur se-Jawa, Kamis (2/4).

    Dikatakan, Pemprov Banten sudah melakukan simulasi dan mencoba menghitung berapa dana yang dibutuhkan guna memulihkan kondisi akibat serangan wabah Covid-19.

    Termasuk menghitung proyek-proyek pemerintah yang anggarannya bakal direlokasikan untuk penanganan virus Corona.

    WH menambahkan, Presiden Joko Widodo telah memberikan dukungan penuh berupa bantuan terhadap masyarakat yang terdampak.

    “Pemerintah juga memberi perhatian terhadap hajat hidup masyarakat yang berkaitan dengan kebutuhannya,” jelas WH.

    “Jadi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, bersama-sama memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujar WH.

    Pada kesempatan itu WH menjelaskan, bila kebutuhan pokok dan logistik di Banten untuk tiga bulan ke depan masih aman. (hms/tam)