Ulama Muda Banten Sebut Said Aqil Layak Disandingkan Dengan Ganjar

    Dr Fahmi Irfani Cendekiawan Muda Nahdlatul Ulama Banten

    BANTEN – Ulama muda Banten usulkan Said Aqil Siradj sebagai calon wakil presiden mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024.

    Usulan tersebut dilontarkan sejumlah tokoh dan ulama muda Banten, salah satunya oleh Cendekiawan Muda Nahdlatul Ulama Banten, Fahmi Irfani.

    Diungkapkan Fahmi, para ulama di Banten menginginkan Kiai Said menjadi Wakil untuk Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

    “Ganjar pranowo itu ada di warga nahdliyyin. Makanya, Ganjar harus menggandeng sosok yang mempunyai pengaruh di kalangan warga NU,” kata Fahmi, Selasa (10/10/2023).

    Lanjut Fahmi, Ganjar harus memiliki wakil yang dapat melengkapi sisi religius. Maka menurutnya, bersanding dengan tokoh NU merupakan solusi terbaik.

    “Bagi saya, jika Ganjar mau memenangkan pilpres, maka ia harus menggandeng sosok religius dari kalangan NU. Karena suara NU menjadi salah satu penentu kemenangan Ganjar pada Pilpres nanti,” jelasnya.

    Dengan demikian, lanjut Fahmi, sosok ideal untuk disandingkan dengan Ganjar yakni Kiyai Said Aqil Siradj. Bukan tanpa alasan, kata Fahmi, ada beberapa indikator yang membuat Kiyai Said layak disandingkan dengan Ganjar.

    Adapun yang pertama, Kiyai Said masih mempunyai pengaruh kuat di kalangan nahdliyyin baik di Jawa maupun di luar Jawa. Mengingat beliau menjabat ketua PBNU selama dua periode.

    Kedua, Kiyai Said mewakili kalangan religius atau agamawan. Mengingat, Sejarah mencatat bahwa negara ini ada, karena kalangan nasionalis dan kalangan religius bersatu. Sosok Ganjar mewakili kalangan nasionalis, sedangkan Kiyai Said mewakili kalangan religius.

    “Jika kita melihat ke belakang, bangsa dan negara kita ini didirikan oleh golongan nasionalis dan golongan religius. Maka, pola itu harus terus digulirkan,” tandasnya.

    Dan ketiga, lanjut Fahmi, Kiyai Said merupakan sosok yang tidak hanya dikenal secara nasional. Kiyai Said juga mempunyai networking Internasional. (Hmi)