Jaga Keutuhan NKRI, TNI Bangun Kekuatan Baru

    Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf Wisnu Kurniawan (dua kiri), menerima nasi tumpeng dari Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Abdul Karim.

    TANGERANG – Dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus membangun kekuatan baru.

    Hal tersebut terungkap dalam sambutan tertulis amanat Panglima TNI, yang dibacakan Komandan Kodim 0506/Tangerang Kolonel Inf Wisnu Kurniawan, Sabtu (5/10), pada upacara peringatan HUT TNI ke-74, di Markas Polres Metro Tangerang Kota.

    “TNI sebagai alat negara, tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Serta kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia,” kata Wisnu, yang pada kesempatan itu tampil menjadi inspektur upacara.

    TNI berdasarkan amanat panglima, membangun sesuai kebijakan pertahanan negara. Kemudian disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

    Suasana upacara peringatan HUT TNI ke-74 di Mapolrestro Tangerang Kota, Sabtu (5/10).

    “Dalam rangka pembangunan kekuatan, TNI telah membentuk beberapa organisasi selama kurun waktu 2018 – 2019. Diantaranya pembentukan divisi Infanteri III Kostrad pada 11 Mei 2018 lalu. Tujuannya guna menghadapi trouble spot di wilayah Indonesia bagian timur. Juga membentuk satuan TNI Terintegrasi pada18 Desember tahun lalu,” terang Wisnu, dihadapan sekitar 400 personel gabungan TNI dan Polri.  

    Masih dalam rangka upaya penguatan, juga dibangun pangkalan unsur-unsur TNI yang beroperasi di wilayah utara Indonesia. Termasuk pembentukan Komando Operasi Khusus pada 30 Juli lalu.

    “Tujuannya adalah untuk menggelar operasi khusus, guna menyelamatkan kepentingan nasional. Serta pembentukan komando gabungan wilayah,” tuturnya.

    Sementara itu Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh jajaran TNI yang telah menjaga keamanan, kedamaian dan kondusifitas Kota Tangerang.

    “Tentunya ini tak lepas dari kerjasama dan sama – sama bekerja antara jajaran TNI, Polri serta pemerintah,” kata Arief.

    Ia menambahkan, perhatian yang diberikan TNI telah dibuktikan dengan telah dilaksanakannya berbagai kegiatan. “Tentunya itu menjadi bentuk perhatian bagi masyarakat Kota Tangerang. Juga menjadi bukti nyata kehadiran TNI bagi rakyat,” tukas Arief.

    Pada upacara tersebut, juga dihadiri oleh Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes (Pol) Abdul Karim, Kapolres Bandara Soetta Kombes (Pol) Victor Togi Tambunan, Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan.

    Tampak hadir Dandempom Jaya/1 Tangerang Letkol (Cpm) Yudo Pramono, Komandan Batalyon Mekanis 203/AK Letkol Inf Bangun Siregar, dan unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida) lainnya. (rls/tam)